Bertemu Jokowi, Kapolda hingga Kapolres Konvoi Naik Bus ke Istana Negara

Kapolda hingga Kapolres konvoi dari PTIK menuju Istana Negara
Sumber :
  • VIVA/Farhan Faris

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan jajaran pejabat utama Mabes Polri untuk mendengarkan arahan langsung di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Jumat, 14 Oktober 2022. Sebelum ke Istana, Kapolri memerintahkan perwira tinggi (pati) jenderal bintang dua ke bawah untuk berkumpul di STIK-PTIK.

Presiden Jokowi Sampaikan Dukacita Atas Meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi

Hal tersebut sesuai perintah dalam surat telegram rahasia (STR) Nomor: STR/764/X/HUM.1.2022, tertanggal 12 Oktober 2022. Mereka disiapkan bus untuk sama-sama menuju Gedung Krida Bhakti, Sekretariat Negara pukul 11.00 WIB. Selanjutnya, mereka mendirikan salat Jumat dulu.

Konvoi ini dilakukan karena instruksinya para Pati dan perwira menengan (Pamen) Polri tidak boleh membawa kendaraan ke Istana Kepresidenan, lantaran tempat parkir yang terbatas. Tampak, ada sekitar 13 bus besar pariwisata yang disiapkan.

Mengemudikan Bus Double Decker Tidak Bisa Asal, Ini Kata Pakar

Presiden Jokowi melantik 700 perwira remaja TNI-Polri secara virtual

Photo :
  • ANTARA

Bus ini akan ditumpangi Pejabat Utama Mabes Polri, Kapolda dan Kapolres seluruh Indonesia untuk menghadap Presiden Jokowi. Sementara, pati jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen) ke atas dapat memasuki Istana melalui pintu 1 jalan Veteran.

Jokowi Ajak Elon Musk Investasi di RI, Ini Ragam Sektor yang Ditawarkan

Mereka tampak berpangkat inspektur jenderal (Irjen), brigadir jenderal (Brigjen), komisaris besar (kombes) ke bawah berkumpul di PTIK. Diantaranya Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi, Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Nana Sudjana dan sejumlah Kapolda serta Kapolres.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana memanggil Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan jajaran ke Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat, 14 Oktober 2022. Kepala negara akan menyampaikan pengarahan secara langsung. Pemanggilan Kapolri dan jajaran tertuang dalam surat telegram rahasia (STR) yang terbit Rabu, 12 Oktober 2022.

Kapolri dan Presiden Jokowi

Photo :
  • dok Polri

Dalam surat telegram itu tertulis pemanggilan merupakan hasil rakor melalui zoom cloud meeting Rabu, 12 Oktober 2022, pukul 10.00 WIB yang dipimpin Kasetpres. Rapat koordinasi (rakor) itu terkait rencana pengarahan Presiden Jokowi kepada jajaran Kepolisian.

"Sehubungan dengan itu, bersama ini disampaikan kepada KA bahwa pada hari Jumat, 14 Oktober 2022 pukul 14.00, bertempat di Istana Negara, Jakarta Pusat Presiden akan memberikan pengarahan kepada jajaran Kepolisian," dikutip dari isi surat telegram tersebut.

Kapolri Listyo Sigit dan Presiden Jokowi

Photo :
  • Twitter @jokowi

Adapun peserta yang diwajibkan hadir dalam pengarahan Presiden Jokowi ialah pejabat utama Mabes Polri, Kapolda seluruh Indonesia, dan Kapolres/kapolresta/kapolrestabes seluruh Indonesia. Para peserta diminta menggunakan pakaian PDL tanpa tutup kepala dan tanpa tongkat.

Mereka yang dipanggil kepala negara juga dilarang membawa ADC (ajudan) dan handphone, dan hanya diperkenankan membawa buku dan pulpen. Selain itu mereka juga dilarang membawa kendaraan karena terbatasnya tempat parkir kendaraan. Sampai saat ini belum diketahui apa yang akan disampaikan Jokowi terkait permasalahan apa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya