Kapolri Pilih Irjen Toni Harmanto Jadi Kapolda Jatim Gantikan Irjen Teddy Minahasa

Irjen Toni Harmanto
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi kepada perwira tinggi (pati). Sejumlah jabatan Kapolda pun diganti, termasuk posisi Irjen Teddy Minahasa. Teddy diketahui ditangkap terkait kasus narkoba.

Polisi Tetapkan Rio Reifan Tersangka Kasus Narkoba, Ini Barang Bukti yang Disita

Dalam surat telegram rahasia Nomor: ST/2223/X/KEP/2022 Tertanggal 14 Oktober 2022, memutuskan Irjen Toni Harmanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan dimutasi jadi Kapolda Jawa Timur menggantikan Teddy Minahasa.

Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah
Penampilannya Sempat Viral, Ammar Zoni Kini Putuskan Cukur Habis Brewok

Selain itu, Irjen Albertus Rachmad Wibowo yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jambi, kini dipindah menjadi Kapolda Sumatera Selatan.

Irjen Rusdi Hartono yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sepsim Lemdiklat Polri dimutasi menjadi Kapolda Jambi.

5 Kali Narkoba! Polisi Pastikan Rio Reifan Tak Direhab, Terancam 12 Tahun Penjara

Irjen Suharyono yang sebelumnya penugasan di OJK kini menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat.

Sebelumnya, Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) yang dalam proses mutasi ke Kapolda Jawa Timur (Jatim), Irjen Pol Teddy Minahasa ditangkap terkait peredaran gelap narkoba. 

Penangkapan tersebut disampaikan secara langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Atas penangkapan tersebut, Sigit akan membatalkan Telegram Rahasia (TR) mutasi Irjen Teddy Minahasa. Dengan begitu, Irjen Teddy batal dilantik sebagai Kapolda Jatim. 

Irjen Teddy Minahasa

Photo :
  • tribratanews.sumbar

"Terkait dengan posisi Irjen Pol Teddy Minahasa (TM) yang kemarin baru saja keluarkan TR untuk mengisi Kapolda Jatim, hari ini saya  akan keluarkan TR pembatalan dan kita ganti dengan pejabat yang baru," ujar Sigit saat konferensi pers di Mabes Polri, Jumat, 14 Oktober 2202.

Edarkan narkoba

Kapolri mengumumkan keterlibatan Kepala Polda Jawa Timur Irjen Teddy Minahasa dalam kasus penyalahgunaan narkoba.  

"Beberapa hari yang lalu Polda Metro melakukan pengungkapan terhadap jaringan peredaran narkoba. Berawal dari laporan masyarakat dan dilakukan pengembangan. Setelah itu mengarah kepada anggota Polri berpangkat AKBP, mantan Kapolres Bukittinggi. Di situ kita melihat ada keterlibatan Irjen Teddy Minahasa (TM)," ujar Sigit dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Jumat, 14 Oktober 2022.

Listyo Sigit Prabowo mengatakan pemberantasan narkoba ini merupakan bagian dari komitmen Polri untuk menindak tegas masalah hal-hal yang disampaikan Presiden Jokowi dalam pengarahan langsung kepada seluruh pejabat utama Mabes Polri, Kapolda dan Kapolres se-Indonesia. 

"Ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk menindak tegas terkait masalah hal-hal yang disampaikan Bapak Presiden, judi online, narkoba. Komitmen kami untuk melakukan bersih-bersih institusi Polri," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya