Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi Dinilai Buat Ekonomi Masyarakat Meningkat

Presiden Jokowi meninjau progres pembangunan jalan Tol Semarang-Demak.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

VIVA Nasional – Pembangunan infrastruktur yang digencarkan Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dinilai berimbas signifikan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Bahkan, pemerataan ekonomi terjadi di seluruh wilayah berkat pembangunan yang berorientasi Indonesia sentris.  

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Akademisi Universitas Riau, Dr. Hermandra menilai Presiden Jokowi memiliki komitmen yang kuat dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, salah satunya dengan pembangunan infrastruktur yang begitu masif. 

“Saya lihat pembangunan (di era Jokowi) masif. Namun dampak pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, bandara dan bendungan itu tidak bisa sekadar dilihat hari ini, nanti baru bisa kita lihat 10 tahun yang akan datang. Kalau infrastruktur tol ini berjalan sesuai dengan target misalnya, itu baru bisa dirasakan 10 tahun yang akan datang,” ujarnya usai menjadi pembicara dalam seminar nasional di Universitas Riau beberapa waktu lalu.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Hermandra menyebut infrastruktur yang mumpuni akan memberi dampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Sehingga ada efek berkesinambungan ketika ekonomi masyarakat membaik dikarenakan infrastruktur yang memadai. 

Menurutnya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, harus didukung infrastruktur yang baik. Itulah yang dilakukan Pemerintahan Jokowi dalam memantik pertumbuhan ekonomi bangsa untuk jangka panjang.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

“Ketika infrastruktur bagus, ekonomi masyarakat pasti akan naik, terutama dari segi pertanian, barang-barang yang dihasilkan mobilitasnya semakin lancar sehingga daya jual dari masyarakat itu semakin tinggi. Pembeli pun akan merasakan kemurahan harga karena infrastruktur yang mendukung,” paparnya.

Lebih jauh Hermandra mengungkapkan bahwa kemajuan suatu bangsa bisa dinilai dari infrastruktur yang terdapat di dalamnya. Bagaimana pemerintah menyediakan akses yang mumpuni sehingga mobilitas masyarakat menjadi lebih lancar.  

“Kita harus fair melihat bahwa infrastuktur itu merupakan hal yang vital dari sebuah negara. Infrastruktur yang baik merupakan dasar dari kemajuan sebuah negara. Dengan infrastruktur yang bagus, akan membuat peningkatan ekonomi masyarakat merata,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya