Komnas Perempuan Sebut Wanita Menopause Tetap Potensi Jadi Korban Kekerasan Seksual

Ilustrasi korban kekerasan seksual.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Anggota Komnas Perempuan Retty Ratnawati mengatakan perempuan yang telah memasuki masa menopause tetap berpotensi menjadi korban kekerasan seksual.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

"Dalam kenyataannya, perempuan menopause pun bisa mengalami kekerasan seksual," kata dia kepada ANTARA di Jakarta, Selasa malam.

Dia mengatakan ada pandangan masyarakat yang keliru bahwa perempuan menopause tidak akan mungkin mengalami kekerasan seksual.

Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Dicekoki Inex dan Sabu

"Karena sudah menopause enggak akan mungkin mengalami kekerasan seksual, nah (anggapan, red.) ini yang salah," kata dia.

Padahal, menurutnya, sepanjang hidup perempuan selalu memiliki kemungkinan menjadi korban kekerasan seksual.

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Komnas Perempuan meminta pemerintah untuk mendalami kasus-kasus kekerasan seksual dengan korban perempuan lansia sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan, penanganan, dan pemulihan.

Dia juga meminta pemerintah memiliki data lansia yang akurat agar mereka tidak kehilangan hak-haknya.

"Pemerintah diharapkan juga bisa untuk membangun sistem administrasi yang mudah diakses karena kan sekarang ada sistem pemerintahan berbasis elektronik dengan digitalisasi administrasi, jangan sampai mereka kehilangan hak-haknya karena tidak memahami ini," katanya.

Ia mengatakan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia telah mengatur tentang hak-hak lansia.

Namun demikian, menurutnya, isi undang-undang tersebut belum berperspekif gender.

"Di sana dia (undang-undang, red.) belum berperspektif gender," katanya.

Retty menekankan perlunya perspektif gender dalam undang-undang tersebut sesuai dengan perkembangan zaman dan untuk menekan angka kemiskinan di kalangan perempuan lansia.

"Perempuan juga cenderung angka kemiskinannya lebih tinggi dibandingkan laki-laki pada usia yang sama," katanya. (Ant/Antara)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya