Sambangi Kediaman Lukas Enembe di Jayapura, Ketua KPK Dikawal Tiga Jenderal

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri bersama Ketua KPK Firli Bahuri
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Nasional – Kunjungan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri bersama tim penyidik ke kediaman Gubernur Papua, Lukas Enembe, di Koya Tengah, Jayapura, Kamis, 3 November 2022, didampingi jajaran Forkopimda Papua

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik

Jajaran Forkopimda Papua yang mendampingi Ketua KPK dan jajaran antara lain, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa dan Kepala BIN Papua Mayjen TNI (Purn) Gustav Agus Irianto. Sebelumnya mereka melakukan pertemuan tertutup di Mapolda Papua.

Sekitar pukul 12.40 WIT rombongan Forkopimda Papua yang mendampingi Ketua KPK beserta rombongan menuju Koya Tengah, Distrik Muara Tami.

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Gara-gara Korupsi Beras Miskin, Kantor Desa di Lombok Disegel Warga
 
Ketua KPK Firli Bahuri saat dicegat wartawan nampak enggan diwawancarai dan langsung menuju mobil mini bus yang disiapkan.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri sebelumnya mengaku, dirinya beserta Forkopimda Papua mendampingi Ketua KPK beserta penyidik dan dokter memeriksa Gubernur Lukas Enembe.

Pemeriksaan terhadap Gubernur Papua dilakukan di kediaman pribadinya di Koya Tengah dan dilakukan untuk menindaklanjuti apa yang menjadi bagian dari proses penyidikan perkara yang ditangani KPK karena penegakan hukum tetap harus ditegakkan, walaupun di satu sisi harus melihat sisi kemanusiaannya.

"Apalagi Gubernur Enembe telah empat kali mengalami serangan stroke, " jelas Kapolda Irjen Pol Fakhiri.

Salah seorang pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe Aloysius Renwarin secara terpisah mengaku, Tim Hukum dan Advokasi Gubernur Papua (THAGP) sudah siap mendampingi Gubernur Enembe selama pemeriksaan.
 
"Saya bersama tim yang ada di Jayapura mendampingi Gubernur Enembe selama pemeriksaan yang dilaksanakan di kediaman pribadi di Koya Tengah, Jayapura, " kata Allo (panggilan akrab) seraya mengatakan saat ini dirinya sudah berada di Koya Tengah.

Situasi Kondusif

Kapolresta Kombes Pol Victor Dean Mackbon memastikan kunjungan Ketua KPK beserta 3 jenderal bintang dua ke kediaman pribadi Gubernur Papua Lukas Enembe berlangsung selama satu setengah jam. Selama kunjungan KPK di kediaman Lukas Enembe situasi berjalan dengan baik aman dan tertib.

Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Victor Dean Mackbon

Photo :
  • VIVA/ Aman Hasibuan

"Kami hanya memastikan bahwa situasi harus terus kondusif tanpa terjadinya gangguan Kamtibmas.Pada prinsipnya kami lakukan pengamanan dimana semua dapat dikomunikasikan dengan baik sehingga situasi dapat berjalan aman dan terkendali," ujar Mackbon 

Lebih lanjut, Mackbon menerangkan pada saat KPK melakukan pertemuan, ada massa yang berkumpul kurang lebih sekitar 100 orang dan berada di luar kediaman. Pihak sudah mengantisipasi hal tersebut dengan menurunkan 100 personel.

"Ada yg mendampingi rombongan dan ada yang melakukan patroli untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, tentunya kami sebagai Polri hadir untuk memberikan rasa nyaman kepada warga sekitar," ungkap Mackbon

"Untuk kegiatan selanjutnya dari KPK kami belum tahu apa jadwalnya, baik pemeriksaan atau apapun itu, akan ada statement dari KPK sendiri nantinya," sambungnya (ANT)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya