Dianggap Tak Tepat Sasaran, Kades Gresik Kembalikan Bantuan Set Top Box

Dianggap Tak Tepat Sasaran, Kades Gresik Kembalikan Bantuan Set Top Box
Sumber :
  • tvOnenews/M Habib

VIVA Nasional – Dianggap tidak tepat sasaran, bantuan sejumlah set top box di Desa Pandanan, Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik dikembalikan. 

Heru Budi Ingatkan Petugas Kesehatan Jangan Tolak Pasien TBC dari Luar Jakarta

Pengembalian bantuan pemerintah itu sebagai bentuk protes dan kekecewaan Kepala Desa (Kades) setempat, karena yang mendapatkan bantuan tergolong warga mampu, bukan warga miskin di desanya. 

Sebagai informasi awal, sebanyak 31 STB TV Digital dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang disalurkan melalui vendor untuk Desa Pandanan, Kecamatan Duduksampeyan Gresik justru dibagikan ke warga mampu. 

Didatangi Warga Diminta Maju Lagi di Pilgub DKI, Anies Jawab "Izinkan Berpikir Sejenak"

Set-Top Box (STB) atau dekoder untuk menangkap sinyal TV digital.

Photo :
  • Akari

Kepala Desa Pandanan, Suryadi mengatakan, penerima bantuan STB tidak tepat sasaran. Bahkan, data dari desa tidak dipakai oleh vendor dalam membagikan. 

Terangsang, Farihul Amin Tega Cabuli 2 Anak Tirinya Secara Bergilir

“Karena puluhan warga yang mendapat STB ternyata tergolong warga mampu bukan warga miskin,” katanya kepada awak media, Senin 14 November 2022 dikutip dari tvonenews. 

Kata dia, bantuan STB TV Digital akhirnya dikembalikan atas persetujuan seluruh perangkat desa. Karena, jika dibagikan bantuan STB tersebut, pasti akan menimbulkan konflik dan kecemburuan sosial. 

Menurutnya, program nasional perpindahan dari TV Analog ke TV Digital memang baik, namun dalam penyaluran STB harus dilakukan dengan tepat sasaran. Dia pun kecewa lantaran data yang dipakai dari BKKBN. 

“Merasa kecewa pasalnya kominfo pusat masih mengunakan data lama dari BKKBN yang tidak ada kaitannya. Karena data BKKBN tidak sesuai atau bukan data kemiskinan, sehingga diputuskan puluhan STB dikembalikan,” imbuh dia. 

Ketua AKD Duduksampeyan itu menambahkan, selain Pandanan, desa lain juga akan mengembalikan bantuan tersebut seperti Desa Duduksampeyan, Kandangan dan Tumapel. 

“Sudah koordinasi dengan saya, akan segera dikembalikan,” ujarnya. 

Dijelaskan dia, untuk data kemiskinan di Kecamatan Duduksampeyan tertinggi kedua dari 18 Kecamatan di Gresik. Untuk bantuan STB TV Digital hanya mendapatkan 600 buah. 

Set Top Box

Photo :
  • gizmodo.com

“Padahal di Kecamatan lainnya rata-rata mendapatkan STB lebih banyak 2.000 hingga 3.000 buah," imbuh dia. 

Sementara Gunawan perwakilan pihak ketiga atau vendor pembagian STB kepada awak media mengatakan, jika pihaknya hanya bertugas menyalurkan bantuan STB dari Kementerian Kominfo RI sesuai by name, by adrees. 

“Terkait bantuan yang dikembalikan kami hanya bisa menerima. Jika, ada komplain atau protes dari warga sepenuhnya tanggung jawab Kominfo,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya