9 Mortir Diduga Sisa Perang Dunia ke II Ditemukan Warga di Perbukitan Malang

Petugas saat mengamankan mortir. (Humas Polres Batu)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Uki Rama (Malang)

Malang –  Sembilan mortir diduga sisa-sisa perang dunia ke II ditemukan di Dusun Krajan RT 15 RW 3 Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Pria Paru Baya Ditembak OTK Saat di Warung Kopi, Ini Kata Polisi

Kasi Humas Polres Batu, Ipda Trimo membenarkan temuan tersebut. Kronologi berawal ketika seorang warga bernama Ahmad Suliyan tengah bersih-bersih bambu di sekitar perbukitan pukul 12.30 WIB, Senin 6 Mei 2024.

Ilustrasi garis polisi.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Longsor Papua Nugini, 670 Orang Terkubur

"Nah pas bersih-bersih itu mereka menemukan mortir, karena takut akhirnya melaporkan kepada pihak desa dan diteruskan ke Polsek Pujon. Petugas pun langsung mendatangi lokasi," katanya, Selasa, 7 Mei 2024.

Kapolsek Pujon, AKP Sigit Purwanto mengatakan setelah mendatangi lokasi pihaknya langsung menghubungi unit Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Jatim untuk mengamankan mortir tersebut.

Golkar Jatim Rayu Kader Gerindra untuk Maju Lagi di Pilkada Sidoarjo 2024

"Agar tidak sampai terjadi hal yang tidak diinginkan kami dari Polsek dan Polres Batu sudah mengamankan TKP dengan memasang police line agar masyarakat tidak mendekat," kata Sigit. 

Polisi meyakini sembilan buah mortir yang ditemukan di bukit tersebut masih dalam keadaan aktif. Untuk itu mortir ini dibawa ke tempat aman agar tidak membahayakan masyarakat. 

"Kami meyakini mortir ini masih keadaan aktif. Mortir tersebut akan dievakuasi terlebih dahulu ke tempat yang lebih aman," tuturnya.

Sementara Komandan Tim Jibom dari Gegana Polda Jatim Iptu Hendra Frata menjelaskan jika hari ini akan dilakukan disposal atau dimusnahkan. 

"Senin kemarin sudah kita evakuasi, lalu mortir akan kita disposal atau kita musnahkan hari ini," tutur Hendra. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya