RSUD Bogor Bantah Jenazah Hidup Lagi Usai Meninggal: Diduga Kekurangan Oksigen

RSUD Kota Bogor
Sumber :
  • Antara

VIVA Nasional – Pihak RSUD Kota Bogor mengungkap kondisi pasien US (40) yang dibawa ke rumah sakit usai dikabarkan meninggal dunia dalam kondisi sudah didalam peti jenazah. Menurut pihak rumah sakit, kondisinya bukan meninggal dunia melainkan kekurangan oksigen.

Selebgram Bro Jabro Meninggal Dunia

Informasi yang dihimpun di lokasi rumah duka di Perumahan Ambar 2 Kecamatan Rancabungur, US dikenal dengan nama Wenshi (Ws) Urip tokoh pemuka agama Konghucu.

Menurut Dirut RSUD Kota Bogor, Dr Ilham Chaidir, pasien US tiba pada Jumat malam, dan langsung ditangani di IGD untuk selanjutnya menjalani perawatan. Seusai dengan kode etik kedokteran Pihak rumah sakit merahasiakan sakit korban.

Lonjakan Kasus DBD di Lampung, 1.779 Kasus Terungkap dengan 10 Korban Meninggal

"Jadi ada penurunan kesadaran, kemudian ditangani, terus sekarang sudah membaik. Udah gitu saja. (Sakit apa) Jangan dong itu rahasia medis. Ya mungkin karena hipoksia, kekurangan oksigen atau karena sebab-sebab penyakit lain, itu kan rahasia medis, UU praktek kedokteran," katanya kepada wartawan, Selasa, 15 November 2022.

Jenazah hidup lagi setelah masuk di peti mati.

Photo :
  • istimewa
Penyair Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Ilham mengatakan tidak ada fakta yang menunjukkan pasien meninggal dunia hanya ada keterangan bahwa di rumah sudah dalam kondisi di dalam peti. pihak RSUD meminta keluarga untuk menunjukan surat dari RS sebelumnya terkait surat kematian.

"Jadi yang jelas dari RSUD domainnya, SOP dikerjakan RSUD. Jadi begitu datang, dilayani, pasiennya hidup gitu aja. Kalau tanya mengenai kisah sebelumnya (meninggal dunia lalu hidup kembali) ya kita hanya sebagai yang menangani pas di sini. Tapi begitu diminta dokumen, ya hanya katanya saja. Ya tentu kita minta data sebelumnya, ada enggak bukti surat kematiannya. Kan biasa kalau RS kalau udah menyatakan kematian pasti ada surat-suratnya. Tapi ini kan enggak ada," kata Ilham.

Ilham menambahkan saat ini, pasien masih dalam perawatan di RSUD Kota Bogor didampingi pihak keluarga. Pihak RSUD juga membatasi kunjungan agar tidak mengganggu pasien.

"Yang penting sekarang pasiennya sudah membaik, bagus dan mudah-mudahan dalam penanganan maskimal lah. Cuman kita batasi kunjungan karena bisa mengganggu pasien lain karena kasus ini jadi heboh," jelasnya.

Sebelumnya, video seorang warga yang sudah meninggal dalam peti mati kemudian hidup kembali dan dilarikan ke RSUD Kota Bogor viral di media sosial, Senin 14 November 2022. Jenazah yang kembali menjalankan hidup itu kini menjalani perawatan di RSUD Kota Bogor. 

Video yang diunggah akun instagram @infojawabarat. Tertulis ketarangan bahwa pihak rumah sakit menerima orang yang hidup setelah dinyatakan meninggal.

Berdasarkan penelusuran VIVA, pria yang viral tersebut bernama Urip atau yang dikenal Koh Urip. Urip merupakan Warga Perumahan Ambar II, Desa Rancabungur Kabupaten Bogor. 

Urip sudah dinyatakan meninggal namun kembali hidup saat peti jenazah di buka pihak keluarga. Bahkan  pihak keluarga dan kerabat sudah mempersiapkan upacara pemakaman. 

"Untuk kejadian itu kita belum bisa menjelaskan secara sepenuhnya karena kan memang yang tahu hanya Urip jadi yang kami terima itu saat peti itu datang kita buka memang masih ada tanda tanda kehidupan," kata Kaka Urip, Saputra kepada wartawan ditemui kediamannya di Gang Nangka RT 01 RW 04 Rancabungur, Senin 14 Oktober 2022. 

Menurut sang Kakak, Urip merupakan Rohaniawan dari Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia, sebelum dikabarkan meninggal pergi melakukan kegiatan di Semarang. Namun beberapa hari kemudian, dari sana oleh rekannya dikabari ke istrinya, bahwa Urip sakit dan drop.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya