AKBP Doddy Bakal Buka-bukaan soal Kasus Narkoba yang Jerat Irjen Teddy Minahasa

Kuasa hukum AKBP Dody Prawiranegara, Adriel Viari Purba.
Sumber :
  • Zendy Pradana/VIVA.

VIVA Nasional – Mantan Kapolres Bukittinggi, AKBP Doddy Prawiranegara mengaku siap untuk dikonfrontir dengan tersangka peredaran narkoba jenis sabu lainnya yaitu Irjen Teddy Minahasa dan Linda (Anita). AKBP Doddy juga akan buka - bukaan terkait kasus peredaran narkotika jenis sabu yang menjeratnya. Hal tersebut diungkap oleh kuasa hukum AKBP Doddy Prawiranegara, yakni Adriel Viari Purba.

Nisa 'Ratu Narkoba' Asal Aceh Bersama 2 Terdakwa Divonis Mati

"Kami gak ada persiapan apa - apa ya, karena apa yang harus disiapkan, kan semua sesuai fakta. Kita siap buka - bukaan, klien kami siap buka - bukaan," ujar Adriel saat dihubungi, Senin 21 November 2022.

Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa merilis kasus narkoba di Bukittinggi

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah
Polri Buru WN Iran Pengirim 'Kado' Berisi 20 Ribu Ekstasi dari Belanda-Belgia

Lebih lanjut, Adriel mengatakan yang harusnya mempersiapkan untuk konfrontasi adalah pihak yang diduga membuat skenario cerita, yaitu Irjen Teddy. 

Selain itu, Adriel juga berharap agar pihak Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengabulkan permohonan Justice Collaborator (JC) yang diajukan oleh AKBP Doddy.

Demi Gaya Hidup Mewah, 9 Perempuan Terlibat Sindikat Narkoba Tempel di Denpasar

"Yang mempersiapkan kan pasti yang kami duga membuat - buat skenario tuh harus menghafal segala upaya lah yang dia lakukan. Makanya kita mendesak juga segeralah LPSK menetapkan status klien kami menjadi JC," kata Adriel.

"Kalau kita berdasarkan fakta aja berdasarkan BAP aja sesuai semua keterangan per sesuaian, jadi gak asa yang disiapkan karena semua berdasarkan kebenaran dan fakta yang ada gitu," sambungnya.

Seharusnya Hari Ini

Jadwal konfrontasi seharusnya dilaksanakan hari ini. Namun hal tersebut tak terlaksana lantaran AKBP Doddy dalam keadaan sakit. Adriel mengaku telah memberitahu Polda Metro Jaya dengan cara mengirim surat ke tim penyidik.

"Konfrontasi hari ini batal karena klien saya (AKBP Doddy) langsung yang sakit. Dari kemarin saya sudah dapat infonya dan sudah bersurat kepada Polda Metro kemarin," ujarnya.

Adriel mengatakan, pihaknya dengan senang hati mengikuti proses - proses dari tim penyidik Polda Metro Jaya untuk membuat kasus peredaran narkotika jenis sabu ini menjadi terang - benderang.

Pengungkapan narkoba jaringan Irjen Teddy Minahasa

Photo :
  • ANTARA

Akan tetapi, lanjut Adriel, dirinya mendapat kabar bahwa AKBP Doddy tidak dalam kondisi sehat. Dia mendapat kabar tersebut pada Minggu 20 November 2022 kemarin.

"Tapi kami dapat informasi sejak sabtu kemarin dari klien kami mengeluh sakit dari pak Doddy langsung. Kami dapat info 20 November kemarin hari Minggu. Dia menghubungi keluarganya, menghubungi kami juga melalui tahti rutan Polres Jaksel terus kami langsung bersurat," kata Adriel.

Sebelumnya diberitakan, Kuasa hukum AKBP Doddy Prawiranegara, Adriel Viari Purba menyebut bahwa Irjen Teddy Minahasa seperti orang tidak sehat. Sebelumnya, pernyataan terbaru dari kuasa hukum Teddy, Hotman Paris yang menyebut 5 kilogram sabu masih utuh dan menjadi barang bukti di kejaksaan.

"Saya rasa Pak TM ini sering memberikan info yang tidak tepat, atau mungkin saya rasa juga dia kurang sehat memberikan informasi pada lawyernya. Karena kalau kita lihat, dia itu selalu berubah-ubah untuk memberikan keterangan. Kan gitu," kata Adriel kepada wartawan, Sabtu, 19 November 2022.

Adriel mengatakan saat pengacara Henry Yosodiningrat menjadi kuasa hukumnya, Teddy Minahasa mengakui jika meminta AKBP Doddy untuk menyisihkan lima kilogram sabu untuk menjebak satu tersangka lain yakni Linda.

Namun, saat mengganti tim kuasa hukumnya menjadi Hotman Paris, Teddy kembali membuat pengakuan yang berbeda. "Mana yang benar? Kalau saya ya Pak TM sudahlah, tobat lah, ngaku aja gitu lho. Itu maksud saya sih begitu," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya