Ucap Sumpah Jabatan, Guntur Hamzah Resmi Jadi Hakim MK Gantikan Aswanto

Guntur Hamzah bacakan sumpah jabatan sebagai Hakim MK
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hari ini Rabu 23 November 2022 menyaksikan pengucapan sumpah dan janji jabatan Guntur Hamzah menjadi Hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Acara pengucapan sumpah Guntur Hamzah sebagai Hakim MK itu dilakukan pagi ini di Istana Negara, Jakarta Pusat.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Acara pengambilan sumpah Guntur Hamzah itu dimulai sekitar pukul 09.30 WIB. Sebelum mengambil sumpah, acara terlebih dahulu dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 114P  Tahun 2022 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Hakim Konstitusi yang diajukan Dewan Perwakilan Rakyat yang ditetapkan tanggal 3 November 2022

Presiden Jokowi menyaksikan pembacaan sumpah Guntur Hamzah sebagai Hakim MK

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Surat tersebut dibacakan oleh Deputi bidang administrasi aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti. Setelah pembacaan surat keputusan itu, kemudian Guntur Hamzah langsung mengucapkan sumpah janji sebagai Hakim MK.

Berikut bunyi sumpah dan janji jabatan yang dibacakan oleh Guntur Hamzah:

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban Hakim Konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa"

Setelah Guntur Hamzah mengucapkan sumpah jabatan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengucapan sumpah janji jabatan Hakim MK. Setelah itu acara pengambilan sumpah diakhiri dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Diberitakan sebelumnya, DPR RI telah menyetujui dan mengesahkan pergantian Hakim Konstitusi Aswanto dari jabatannya dalam rapat paripurna DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 29 September 2022.

Guntur Hamzah bacakan sumpah jabatan sebagai Hakim MK

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

DPR mengesahkan Sekretaris Jenderal MK Guntur Hamzah sebagai hakim konstitusi, menggantikan Aswanto. Pengesahan itu terkesan tiba-tiba, karena tidak masuk ke dalam agenda rapat paripurna DPR RI pada Kamis kemarin.

“Perkenankan kami menanyakan pada sidang dewan terhormat, apakah persetujuan untuk tidak akan memperpanjang masa jabatan hakim konstitusi yang berasal dari usulan DPR atas nama Aswanto dan menunjuk Guntur Hamzah sebagai hakim konstitusi yang berasal dari DPR tersebut, apakah dapat disetujui?" tanya Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad saat memimpin jalannya sidang rapat paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

"Setuju," jawab para para anggota dewan diiringi ketokan palu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya