Puan Masih di Kamboja, Alasan Pengiriman Surpres Pergantian Panglima TNI Ditunda

Sekjen DPR Indra Iskandar
Sumber :
  • ANTARA/HO-DPR RI/am

VIVA Nasional – Sekretariat Jenderal DPR RI hingga sore ini belum juga menerima Surat presiden (Surpres) pergantian calon Panglima TNI

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Sekjen DPR RI Indra Iskandar mengatakan, Surpres Pergantian Panglima TNI akan disampaikan secara resmi oleh Mensesneg Pratikno ke pimpinan DPR RI pada Senin, 28 November 2022.

“Pak Mensesneg itu akan disampaikan secara resmi pada 28 November, hari Senin,” kata Indra saat dikonfirmasi awak media, Rabu, 21 November 2022.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi

Indra mengungkapkan, alasan penundaan Surpres tersebut antara lain karena Ketua DPR RI Puan Maharani masih berada di Kamboja mewakili Indonesia menghadiri 43th General Assembly of ASEAN Interparliamentary (AIPA).

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

“Kenapa gak jadi disampaikan hari ini karena Ibu Puan masih memimpin delegasi Indonesia pada sidang parlemen asean atau AIPA (cek) di Kamboja,” kata Indra.

Adapun, untuk waktu penyerahan Surpres tersebut dijadwalkan pada hari Senin siang. “Ya, nanti akan disepakati lagi jamnya, mungkin sekitar 10.30 WIB waktunya,” kata Indra. 

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, pihaknya akan mengirimkan Supres itu pada hari ini karena mengingat DPR akan memasuki masa reses pada 16 Desember 2022 mendatang.

KSAD, KSAL, dan KSAU saat jeda sidang tahunan MPR/DPR, Selasa, 16 Agustus 2022.

Photo :
  • Istimewa.

"Surpres penggantian panglima TNI itu kita akan reses juga dalam beberapa waktu ke depan akan reses di DPR. Kita sudah menghitung bahwa pada hari ini akan dikirim kepada DPR surpresnya," kata Pratikno di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 23 November 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya