Karang Taruna Siap Bantu Pemasaran UMKM dan Kelola Desa Wisata Temajuk

Karang Taruna Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalbar
Karang Taruna Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalbar
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Kaum milenial yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat saat ini sudah siap membantu pemasaran UMKM dan mengelola Desa Wisata Temajuk.

Optimisme ini mengemuka setelah mereka menyerap ilmu yang diperoleh dari pelatihan peningkatan kapasitas Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) dan tata kelola desa wisata yang diinisiasi oleh Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia (BNPP RI) bekerjasama dengan Forum Perguruan Tinggi untuk Perbatasan (FOPERTAS).

Kegiatan pelatihan tersebut melibatkan sejumlah narasumber dari Baznas, Universitas Sriwijaya, Universitas Tanjungpura, dan Bank BRI. Materi yang diberikan pada intinya untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam rangka mendukung pengembangan Desa Wisata Temajuk.

Salah satu anggota Karang Taruna Desa Temajuk, Gilang, menyampaikan ia bersama dengan rekan-rekan telah belajar banyak dari kegiatan tersebut.

"Yang dipelajari dari pelatihan ini adalah cara meningkatkan kapasitas UMKM, pengelolaan desa wisata, packaging produk UMKM, pemasarannya dan banyak yang lain-lainnya," ujar Gilang di Resort Camar Bulan, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, dikutip Kamis, 24 November 2022.

Lebih lanjut, Gilang mengatakan ia bersama dengan anggota Karang Taruna Desa Temajuk lainnya akan membantu kemajuan UMKM Desa Temajuk dalam hal pemasaran di media sosial maupun sumbangsih saran dan masukan guna meningkatkan kualitas produk.