Akui Infrastruktur Belum Sempurna, Jokowi: Distribusi Logistik Pemilu Tak Mudah

Presiden Jokowi dalam acara Global Food Security Forum
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024 adalah pekerjaan besar dan bukan hal yang mudah. Hal utu disampaikan Jokowi dalam Rapat Konsolidasi Nasional dalam Rangka Kesiapan Pelaksanaan Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Menurut Jokowi, penyelenggaraan pemilu nanti, khususnya pendistribusian logistik akan menjadi tugas yang berat bagi KPU. Karena Indonesia memiliki wilayah yang luas dan warganya akan melakukan pemungutan suara secara bersamaan. 

"Mengelola ini tidak gampang, dengan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia kita yang sangat luas, dengan kondisi geografis yang sangat beragam, berbeda, sangat berbeda dengan negara-negara lain,"kata Jokowi, Jumat 2 Desember 2022.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Distribusi Logistik Hasil Pemilu

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ampelsa

KPU harus menempuh berbagai cara untuk dapat mendistribusikan surat suara dan berbagai logistik lainnya untuk pemungutan suara. "Bayangkan jika kita harus pergi ke 17.000 pulau, ada yang naik perahu, ada yang naik kapal, ada tadi yang harus didukung untuk distribusi logistik oleh TNI, oleh Polri, karena memang medannya medan yang tidak mudah," kata Jokowi.

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

Jokowi mengakui, bahwa infrastruktur yang dimiliki Indonesia belum sepenuhnya sempurna. Masih banyak wilayah yang sulit untuk diakses.

"Ada yang bawa sepeda motor terpeleset. Karena infrastruktur kita memang belum sempurna. Ada jalanan yang sudah mulus, jalan tol. Tetapi ada juga yang masih becek. Dan ini fakta yang kita hadapi," kata Jokowi

Jokowi menhatakan, bahwa dirinya sering melakukan kunjungan di daerah yang terpencil. Dia sering melihat bahwa ada daerah yang sulit diakses sehingga dia menyadari proses pendistribusian logistik jelang pemilu 2024 nanti tidaklah mudah.

"Sekali lagi kondisi geografis yang sangat beragam itu tidak mudah. Utamanya dalam distribusi logistik Pemilu, tidak mudah. Saya menyadari betul keadaan lapangan, karena saya sering ke daerah. Masuk ke daerah-daerah terpencil, tidak mudah," ujar Jokowi

Namun meski begitu, Jokowi yakin KPU pasti mampu menjalankan tugas tersebut dengan baik. Sebab, Indonesia bukan baru kali ini saja menyelenggarakan pemilihan umum.

"Saya percaya dengan pengalaman kita yang kita miliki dalam penyelenggaraan pemilu sebelumnya. Kita memiliki bekal pengetahuan yang cukup untuk mempersiapkan Pemilu 2024 jauh lebih baik dibandingkan dengan pemilu-pemilu sebelumnya," kata Jokowi

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA

Kepala Negara juga mengingatkan bahwa momentum waktu yang masih tersisa harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kapasitas teknis persiapan pemilu. 

"Untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada, memperbaiki masalah-masalah yang harus kita selesaikan, mengatasi kendala-kendala yang ada, mengatasi kelemahan-kelemahan yang masih ada, dan segera Ini harus kita selesaikan bersama," kata Jokowi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya