Karo Paminal Propam Polri Jadi Ketua Pengamanan Natal Tiberias di GBK

Acara Natal Tiberias 2022
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Nasional – Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) akan digunakan kembali untuk kegiatan selain sepakbola. Setelah pekan lalu ada acara silaturahmi relawan Jokowi, dalam waktu dekat GBK akan digunakan dalam acara keagamaan yakni Natal Tiberias 2022.

Peluk Pratama Arhan Usai Indonesia Kalahkan Korsel, Azizah Salsha: Super Proud!

Acara ini ternyata sudah mendapatkan izin dari Mabes Polri. Dalam undangan yang diterima VIVA, panitian acara ini diisi oleh salah satu Jenderal Polri. 

Dia adalah Karo Paminal Divisi Profesi dan Pengamanan Polri, Brigadir Jenderal Polisi Anggoro Sukartono . Berdasar undangan, Brigjen Anggoro disebut jadi ketua pengamanan Natal Tiberias 2022. 

Piramida Sepakbola Inggris dalam Bahaya

Ilustrasi SUGBK

Photo :
  • VIVA / Rizkya Fajarani

"Adapun salah satu narasumber talkshow dalam presscon ini adalah Brigjen Pol Anggoro Sukartono, S,I.K- Karopaminal Divpropam Polri & Ketua Pengamanan Natal Tiberias 2022," demikian bunyi petikan undangan yang diterima VIVA, dikutip Jumat, 2 Desember 2022.

Beli Sepatu Bola Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta, Warganet: Perhitungan dari Mana?

Selain Brigjen Anggoro, dua narasumber lain yang diundang adalah pendeta Aristo Pariadji, selaku pimpinan gereja Tiberias Indonesia dan pendeta Gideon Simanjuntak, selaku ketua humas dan sekretaris umum Gereja Tiberias Indonesia. 

Ilustrasi kawasan Gelora Bung Karno.

Photo :
  • VIVA/Yudhi Maulana

Sebelumnya diberitakan, acara Natal Tiberias 2022 rencananya bakal dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kegiatan tersebut rencananya digelar pada 3 Desember 2022, besok sekira pukul 18.00 WIB.

Acara Natal Tiberias 2022

Photo :
  • Tangkapan layar

Lantas hal ini jadi pertanyaan sebab, SUGBK belum lama ini disebut tidak boleh dipakai untuk apapun karena mau digunakan sebagai venue Piala Dunia U-20 2023. Lalu, bagaimana kata polisi? Polda Metro Jaya mengaku sudah mengeluarkan rekomendasi soal acara Natal Tiberias tersebut. Pihak penyelenggara sudah memberi surat pemberitahuan terkait gelaran acara tersebut.

"(Surat pemberitahuan) sudah, Polda Metro Jaya hanya terbitkan rekomendasi," ucap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat 2 Desember 2022.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Soal izin acara itu jadi kewenangan dari Baintelkam Polri. Kata dia, untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan ke Mabes Polri. “Intinya tidak keberatan, izinnya di Mabes," katanya.

Polemik soal penggunaan SUGBK berawal ketika relawan Presiden Joko Widodo yang bernama relawan Jokowi Nusantara Bersatu bisa menggelar acara di sana pada Sabtu pekan lalu. Padahal, beberapa waktu lalu sejumlah konser yang akan dilakukan di sana sempat batal karena alasan lokasi tersebut akan dipakai sebagai venue untuk Piala Dunia U-20. Apa yang dilakukan relawan Jokowi Nusantara Bersatu dalam jumlah massa yang besar di SUGBK menimbulkan kritikan dari banyak warganet.

Untuk diketahui, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, menyatakan bahwa acara di luar Piala Dunia U-20 2023 yang berencana digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno harus berdasarkan persetujuan FIFA.

Hal itu diungkapkan Menpora Zainudin Amali setelah melakukan pertemuan dengan Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK), Rakhmadi Afif Kusumo, di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu 9 November 2022.

"Kalau FIFA izinkan, silakan saja," kata pria asal Gorontalo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya