Presiden Jokowi Tak Terima Sumbangan pada Pernikahan Kaesang-Erina

Putra Sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq.

VIVA Nasional - Keluarga Presiden Jokowi tidak akan menerima sumbangan saat prosesi pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, dan Erina S Gudono. Keputusan tidak menerima sumbangan dari para tamu undangan bukan kali ini saja dilakukan, sebelumnya saat pernikahan dua anaknya juga tidak menerima sumbangan.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Undangan Disertai dengan Barcode

Seperti diketahui, dalam undangan yang sudah disebar terdapat kartu akses masuk acara pernikahan Kaesang & Erina disertai dengan barcode. Kartu akses ini wajib dibawa sebagai akses masuk gedung.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Sedangkan di bawah barcode terdapat tulisan ‘Dengan tidak mengurangi rasa hormat, mohon maaf kami tidak menerima sumbangan dalam bentuk apapun’.

Presiden Jokowi Beri Keterangan Usai Rapat Persiapan Pernikahan Kaesang Pangarep

Photo :
  • VIVA/ Fajar Sodiq
Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Tak Pernah Minta Sumbangan

Putra sulung Presiden Jokowi yang juga juru bicara acara pernikahan Kaesang–Erina, Gibran Rakabuming Raka, membenarkannya bahwa keluarga Presiden Jokowi memang tidak meminta sumbangan untuk prosesi resepsi pernikahan.

“Iya, zamanku (pernikahan Gibran dan Selvi) kan yo ora nerima (tidak menerima) sumbangan. Nggak ada sumbangan, nggak usah bawa sumbangan,” kata Gibran yang juga Wali Kota Solo saat ditemui di Balai Kota Solo, Senin, 5 Desember 2022.

Berikan Doa

Meskipun keluarga tidak menerima sumbangan, Gibran berharap para tamu undangan yang hadir dalam prosesi resepsi pernikahan Kaesang dan Erina memberikan doa yang terbaik untuk kedua mempelai.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Photo :
  • Instagram: Kaesangp

“Nggah usah bawa sumbangan, bawa doa aja,” katanya.

Tidak Hanya Saat Pernikahan Kaesang-Erina

Kebiasaan tidak menerima sumbangan, menurut bapak dua anak itu tidak hanya diberlakukan saat pernikahan Kaesang dan Erina, tetapi sebelumnya saat pernikahannya dengan Selvi maupun adiknya, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution juga tidak menerima sumbangan.

“Lha memang dari dulu kita tidak menerima sumbangan dalam bentuk apapun. Ya minta doa aja, karangan bunga boleh. Kalau barang-barang, amplop tidak boleh, malah merepotkan. Intinya kita tidak ingin merepotkan,” kata dia.

Pernikahan Digelar di Pura Mangkunegaran

Prosesi resepsi pernikahan Kaesang dan Erina bakal digelar di Pura Mangkunegaran pada Minggu, 11 Desember 2022. Sebelumnya kedua mempelai akan dikirab dari rumah dinas Wali Kota Solo, Loji gandrung, menuju Pura Mangkunegara. Di Loji Gandrung akan digelar prosesi ngunduh mantu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya