Jadi Saksi Nikah Kaesang-Erina, Menteri Basuki Terbang ke Solo Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA Nasional - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, akan berangkat menuju Solo, Jawa Tengah, untuk menjadi saksi pernikahan putra Jokowi yaitu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Menhub dan Menkes Ikut Pindah ke IKN Juli 2024, Basuki: Menkeu Belum 

Berangkat Pukul 14.00 WIB

"Hari ini (ke Solo), pukul 14.00 WIB. Kan besok saya jadi saksinya," kata Basuki kepada wartawan, Jumat, 9 Desember 2022.

4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Suci Winata Masih Setia

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Photo :
  • IG @kaesangp

Tamu Para Menteri

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Basuki mengatakan sejumlah menteri lain pun akan terbang ke Solo hari ini. Salah satunya Menko PMK Muhadjir Effendy.

"Iya (rombongan sama menteri), orang tamunya aja menteri. Jam 14.00 WIB, sama Menko PMK," kata dia.

Menikah pada 10 Desember

Sebagai informasi, Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo akan melaksanakan pernikahan pada 10 Desember 2022 mendatang.

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Photo :
  • IG @kaesangp

Kaesang persunting Finalis Putri Indonesia 2022 dari DIY

Diketahui bahwa rangkaian acara pernikahan dimulai sejak Kamis, 8 Desember 2022. Kaesang Pangarep mempersunting finalis Putri Indonesia 2022 dari DIY yakni Erina Gudono.

Berikut jadwal rangkaian pernikahan Kaesang dan Erina:

Rangkaian acara pernikahan dimulai dari pengajian yang digelar di rumah Erina Gundono yakni di Sleman Yogyakarta hari ini, Kamis, 8 Desember 2022. Ibunda Erina mengundang tetangga sekitar dan kerabat dekat untuk menghadiri pengajian tersebut.

Selain pengajian, juga diadakan acara semaan Alquran atau tradisi membaca, menyimak, dan mendengarkan pembacaan Alquran.

Acara pemasangan bleketepe akan dilakukan pada Jumat, 9 Desember 2022. Biasanya bleketepe dipasang orang tua pengantin untuk menandakan keluarga akan menggelar hajatan pernikahan.

Calon mempelai wanita akan menjalani prosesi langkahan. Sebab, Erina Gudono melangkahi dua kakaknya yang belum menikah.

Selanjutnya melakukan siraman di rumah masing-masing. Pada prosesi siraman ini akan digunakan air dari tujuh sumber mata air.

Malam hari setelah siraman, Erina Gudono dan Kaesang Pangarep akan menjalani prosesi midodareni. Biasanya calon pengantin pria beserta keluarga bertandang ke rumah calon pengantin wanita untuk meminta restu dari keluarga besar calon pengantin wanita.

Erina Gudono menjalani akad nikah dengan Kaesang Pangarep pada Sabtu, 10 Desember 2022, di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Yogyakarta. Digelar dengan adat Keraton Yogyakarta.

Pada momen akad nikah ini, hanya pengantin pria yang dihadirkan. Sementara pengantin perempuan akan disembunyikan hingga prosesi panggih dilakukan.

Setelah akad nikah, prosesi pernikahan adat Jawa yang akan dijalani putra bungsu Presiden Jokowi dan Erina adalah panggih. Upacara panggih melambangkan pertemuan awal antara pengantin wanita dengan pengantin pria yang masing-masing masih dalam keadaan suci.

Pernikahan akan ditutup dengan acara ngunduh mantu pada Minggu 11 Desember 2022 yang berlokasi di Loji Gandrung, Rumah Dinas Wali Kota Solo.

Berdasarkan keterangan Gibran Rakabuming Raka, kakak Kaesang sekaligus Wali Kota Solo, kediamannya hanya digunakan sebagai titik awal kirab mempelai menuju Pura Mangkunegaran.

Setelah itu melakukan acara tasyakuran. Tasyakuran akan dilaksanakan hingga malam hari dengan dibagi beberapa sesi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya