Bamsoet Lempar Wacana Pemilu 2024 Ditunda, PKS: Pernyataan Tak Bijak

Wakil Ketua Komisi II DPR dari Fraksi PKS, Mardani Ali Sera.
Sumber :
  • VIVA/Rifki Arsilan

VIVA Politik – Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera atau PKS, turut menyoroti pernyataan yang dibuat oleh Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mengenai usul Pemilu 2024 ditunda atau dipertimbangkan lagi. Menurut Mardani, tak semestinya pernyataan seperti itu dikeluarkan dalam kondisi seperti sekarang ini.

JK Ogah Komentari Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta

Mardani mengatakan, saat ini semua pihak baik itu penyelenggara pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Partai Politik dan berbagai pihak lainnya tengah mempersiapkan adanya pemilu sebagaimana perintah Undang-undang. Maka dari itu Mardani menyebut pernyataan Bamsoet sebagai sebuah pernyataan yang tidak bijak.

"Semua pihak sudah bersiap diri menghadapi Pemilu 2024. KPU dan Bawaslu pun sudah bekerja. Pernyaataan ini tidak bijak," kata Mardani dalam akun twitternya @MardaniAliSera yang dikutip Jumat 9 Desember 2022

MK Gelar Sidang Sengketa Pileg 2024 Pekan Depan, Total Ada 297 Perkara

Presiden Jokowi bersama Bambang Soesatyo, Puan Maharani dan LaNayalla

Photo :
  • Dokumentasi DPD RI

Mardani menilai, Pemilu 2024 adalah hak rakyat untuk menentukan pilihan siapa yang akan menjadi pemimpinnya lima tahun yang akan datang. "Pemilu 2024 merupakan tugas konstitusional dan hak rakyat untuk mendapatkanny," ujar Mardani.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Sebelumnya diberitakan, Angka kepuasan publik pada Pemerintahan Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin mencapai 73,2% berdasarkan temuan survei terbaru Poltracking Indonesia. Menurut Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, capaian kinerja yang berhasil direalisasikan oleh Jokowi-Ma’ruf menjadi faktor penting tingginya kepuasan masyarakat.

Bamsoet menduga tingkat kepuasan masyarakat yang tinggi ini berkaitan dengan tingkat adanya keinginan masyarakat untuk dipimpin Jokowi lebih lama lagi. Dia mengatakan bisa saja masyarakat masih ingin kepemimpinan Jokowi ini terus dilanjutkan. 

"Bagi saya pentingnya itu adalah bukan puas atau tidak puasnya publik, tapi apakah ini berkorelasi dengan keinginan publik untuk terus Presiden Jokowi ini memimpin kita semua," ujar Bamsoet, menanggapi survei Poltracking ini.

Presiden Joko Widodo bersama Wapres Maruf Amin memimpin rapat kabinet

Photo :
  • Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden

Politisi Partai Golkar ini juga mengatakan bahwa dalam waktu dekat Indonesia akan menghadapi Pemilu serentak. Tentunya suhu politik akan kembali meningkat dan memengaruhi berbagai bidang termasuk ekonomi. Oleh karena itu, Bamsoet menyarankan agar penyelenggaraan pemilu dapat dihitung kembali. Karena banyak dampak yang mesti dipikirkan dari adanya pemilu itu.

"Tentu kita juga mesti menghitung kembali, karena kita tahu penyelenggaraan pemilu selalu berpotensi memanaskan suhu politik nasional, baik menjelang, selama, hingga pasca penyelenggaraan pemilu," ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya