Momen Jokowi Teken Tumpukan Dokumen di Tengah Acara Siraman Kaesang

Presiden Jokowi menandatangani dokumen negara di sela acara siraman Kaesang
Sumber :
  • Instagram @jokowi

VIVA Nasional – Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi hari ini tengah melakukan sejumlah acara menjelang hari pernikahan putra bungsunya Kaesang Pangarep dengan Erina Gundono. Namun di sela kesibukan acaranya tersebut, Presiden Jokowi tetap tidak melupakan tanggung jawabnya sebagai Kepala Negara.

Senang Kendaraan Listrik Makin Menjamur, Jokowi Sebut Pabrik Baterai Beroperasi Bulan Depan

Terlihat sebelum melakukan ibadah solat Jumat dan di sela rangkaian prosesi pernikahan Kaesang, Jokowi tetap mengurusi sejumlah dokumen administrasi negara. Dalam akun instagramnya, Jokowi mengunggah gambar dirinya yang tengah menandatangani sejumlah dokumen negara.

"Sebelum Jumatan di sela rangkaian prosesi pernikahan Kaesang, pekerjaan dan tugas administrasi kenegaraan tak boleh tertunda," kata Jokowi dalam akun instagramnya @jokowi, Jumat 9 Desember 2022

Jokowi Singgung Peluang Besar Industri Kendaraan Listrik di Indonesia

Kaesang Pangarep lakukan siraman

Photo :
  • Twitter @jokowi

Jokowi mengatakan tugas negara harus diselesaikan meski dirinya tengah melakukan acara keluarga. "Setumpuk dokumen di depan saya ini tetap harus diselesaikan," ujar Jokowi

Prabowo Ingin Bentuk Presidential Club, Jokowi: Bagus, 2 Hari Sekali Ketemu

Sebagaimana diketahui, hari ini anak bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep melakukan sejumlah prosesi adat menjelang hari pernikahannya. Yang dilakukan pada hari ini adalah prosesi siraman. Kaesang menjalani prosesi siraman di kediaman, Sumber, Kota Surakarta, pada Jumat, 9 Desember 2022. 

Berbagai ritual dijalani dalam prosesi siraman ini, yang dimulai dengan pemasangan bleketepe oleh Jokowi di depan kediaman. Setelah itu, sekitar pukul 08.15 WIB, Jokowi dan Iriana tiba di lokasi sungkeman. 

Kaesang langsung bersimpuh di hadapan kedua orang tuanya. Prosesi sungkeman yang dilakukan Kaesang di kediamannya ini berjalan khidmat dan diselimuti rasa haru.

Tak lama berselang, Kaesang bersama kedua orang tuanya berjalan menuju kediaman Sumber. Tampak mengiringi keluarga kedua kakak Kaesang, yakni keluarga Gibran Rakabuming Raka dan keluarga Kahiyang Ayu.

Prosesi siraman Kaesang Pangarep jelang pernikahan

Photo :
  • Laily Rachev

Setibanya di kediaman, prosesi siraman dimulai dengan diawali oleh penerimaan air dari tujuh sumber mata air dari calon pengantin wanita yang diterima oleh Gibran selaku perwakilan keluarga. Tujuh sumber mata air tersebut yaitu Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan Kediaman Solo. 

Selanjutnya, ketujuh air tersebut disatukan dalam satu tempat untuk digunakan dalam prosesi siraman. Jokowi didampingi Iriana kemudian memberikan siraman pertama kepada Kaesang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya