Jokowi Terbang ke Belgia, Hadiri KTT Uni Eropa-ASEAN

Presiden Jokowi berikan keterangan pers jelang keberangkatan ke Brussel, Belgia
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hari ini Selasa 13 Desember 2022, bertolak menuju Brussel, Belgia. Keberangkatan Jokowi menuju Belgia, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT Uni Eropa- ASEAN.

Jokowi: Tilapia Fish Cultivation Has Huge Global Demand

"Pagi hari ini, saya bersama Ibu Negara dan juga delegasi terbatas akan menuju ke Brussel, Belgia dalam rangka menghadiri KTT ASEAN-EU dalam rangka 45 tahun hubungan ASEAN dan Uni Eropa," kata Jokowi di Bandara Soekarno-Hatta sebelum berangkat menuju ke Brussel.

Presiden Jokowi berikan keterangan pers jelang keberangkatan ke Brussel, Belgia

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
President Jokowi Ensures to Extend Export Permits for Freeport

Jokowi mengatakan, pada tahun 2021 lalu, hubungan perdagangan antara negara-negara di ASEAN dengan Uni Eropa, terjalin dengan sangat baik. Bahkan menjadi hubungan dagang ketiga terbesar dengan setelah Amerika dan Republik Rakyat Tiongkok.

"Kita tahu hubungan perdagangan antara ASEAN dan Uni Eropa pada tahun 2021 sebesar US$268,9 miliar. Ini adalah yang ketiga terbesar setelah RRT dan Amerika Serikat, dan juga foreign direct investment dari Uni Eropa ke Asean yang berjumlah sekitar US$26 miliar di tahun 2021 juga merupakan foreign direct investment yang terbesar kedua setelah RRT," ujar Jokowi

Kakorlantas Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas untuk KTT WWF 2024 di Bali

Maka dari itu, Jokowi mengatakan hubungan baik tersebut harus selali dijaga. Salah satu langkah untuk terus menjaga hubungan baik tersebut yakni dengan menghadiri KTT Uni Eropa-ASEAN ini.

"Inilah kenapa terus kita perkuat terus, kita tingkatkan hubungan yang baik antara ASEAN dan Uni Eropa," ujar Jokowi

Jokowi mengatakan, dalam kunjungannya ini dia berharap agar Indonesia juga mampu meningkatkan kerja sama dengan negara-negara di Uni Eropa.

"Juga tentu saja negara kita Indonesia ingin agar perdagangan kita meningkat, antara Indonesia dan EU dan juga investasi dari Uni Eropa ke Indonesia juga terus meningkat,"kata Jokowi

Presiden Jokowi Ditemani Ibu Negara Iriana di Pesawat Kepresidenan

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Kepala Negara mengatakan bahwa dirinya tak akan berlama-lama di Belgia. Tak kurang dari 24 jam, Jokowi dan rombongan delegasi terbatas akan kembali ke tanah air.

"Saya dan delegasi juga hanya kurang dari 24 jam di Belgia, setelah itu langsung pulang kembali ke tanah air," ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya