Jokowi Minta Menterinya Waspadai Pergerakan 44 Juta Orang Saat Nataru

Rapat Kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminpin jalannya rapat terbatas persiapan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 19 Desember 2022. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan akan ada pergerakan dari 44 juta orang saat momentum menjelang dan perayaan Natal 2022 serta tahun baru 2023.

Putu Rudana: RI Harus Ada Omnibus Law, Kaukus Air DPR untuk Bantu Turut Berperan

Oleh karena itu, dalam rapat tersebit Jokowi meminta seluruh kementerian dan lembaga non-kementerian untuk menyiapkan berbagai kebijakan dan infrastruktur agar suasana Natal dan tahun baru 2023 berjalan aman dan nyaman.

"Ini rapat yang sudah rutin kita lakukan menjelang hari-hari besar. Termasuk sekarang ini menjelang natal 2022 dan tahun baru 2023. Saya hanya ingin memberikan peringatan, hati-hati terhadap survei Badan Kebijakan Transportasi ada potensi pergerakan 44 juta orang di Natal dan Tahun Baru ini," kata dia.

Jokowi Harap Wafatnya Presiden Iran Tak Berdampak pada Harga Minyak Dunia

Suasana Liburan Natal di Ancol

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Jokowi meminta seluruh pemangku kepentingan untuk mengantisipasi masalah dan gangguan yang berpotensi muncul pada momentum natal dan tahun baru 2023.

Respons Jokowi Tak Diundang Rakernas PDIP ke-V

"Saya minta persiapan seluruh sektor dan stakeholder dalam mengantisipasi gangguan dan masalah pada Natal dan tahun baru ini betul-betul disiapkan agar masyarakat terasa nyaman dan aman," kata Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Perhubungan RI memprediksi bahwa akan ada sekitar 44,17 juta orang akan melakukan perjalanan selama masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Sebagian besar dari jumlah orang yang akan melakukan perjalanan tersebut diperkirakan akan memilih transportasi jalur darat.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat atau Dirjen Hubdat Kementerian Perhubungan Hendro Sugianto mengaku telah menyiapkan sejumlah persiapan mengantisipasi lonjakan kendaraan jelang libur Nataru tahun ini. 

Ilustrasi kemacetan di jalan tol

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Salah satunya yaitu memastikan kesiapan Prasarana Jalan Dan Angkutan Umum, Manajemen Operasional Lalu Lintas Dan Pengendalian Kecelakaan Lalu Lintas, Serta Pemeriksaan Kendaraan Bermotor Dan Pengemudi.

"Melakukan manajemen rekayasa lalu lintas di jalan tol dan non toll seperti, contra flow, one way di kawasan khusus, managemen rest area, pembatasan operasional angkutan barang, pembatasan u-turn, optimalisasi gerbang toll, dan lain sebagainya," kata Hendro dalam konferensi persnya, Rabu 14 Desember 2022

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya