Liburan Nataru, 1,1 Juta Kendaraan Sudah Lalui Tol Tangerang-Merak

Kondisi arus kendaraan di Tol Tangerang-Merak
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional - PT Marga Mandala Sakti atau Astra Tol Tangerang-Merak mencatat, sebanyak 1.173.799 kendaraan melintasi Tol Tangerang-Merak selama periode Natal 2022 dan jelang Tahun Baru 2023.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Berdasarkan data yang diterima VIVA, angka itu terhitung sejak 19 hingga 25 Desember 2022. Pergerakan kendaraan yang melintasi Tol Tangerang-Merak juga tercatat mengalami peningkatan, yakni 4,78 persen dibandingkan tahun 2021 dengan periode yang sama.

"Total kendaraan yang melintas di ruas Tol Tangerang-Merak mencapai 1.173.799 kendaraan atau rata-rata 167.686 Kendaraan per hari dan angka ini meningkat dibandingkan dengan tahun lalu," kata Kepala Departemen CSR dan Humas ASTRA Tol Tangerang-Merak, Uswatun Hasanah, Senin, 26 Desember 2022.

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

Kepadatan arus lalu lintas di jalan tol Semarang-Solo jelang nataru.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Dia menjelaskan selama periode tersebut, trafik atau pergerakan kendaraan yang tertinggi terjadi pada 21 Desember 2022. Arus pergerakan itu tercatat yakni 175.211 Kendaraan atau naik 4,09 persen dibanding 2021.

Detik-detik Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jomo, Diduga Gegara Pecah Ban

"Angkanya naik pada tanggal 21 Desember 2022. Namun, masih sedikit dibawah proyeksi kami," ujarnya.

Pun, dia menambahkan, pergerakan lalu lintas kendaraan itu, didominasi dengan tujuan lalu lintas ke arah gerbang tol Merak, Cilegon Timur dan Serang Timur, yang merupakan campuran antara arus mudik dan arus wisata.

"Tujuan dominasi adalah arah gerbang Tol Cilegon, Serang Timur dan Merak. Dimana 3 gebang itu merupakan tujuan perlintasan wisata dan jalur mudik," tuturnya.

Dia menjelaskan, selama periode tersebut, situasi lalu lintas di ruas tol Tangerang-Merak cukup kondusif. Kondisi itu mulai dari imbauan bersama pembelian tiket penyebrangan dari Pelabuhan Merak ke Sumatra bersama ASDP. 

Kemudian, rekayasa lalu lintas yang dilakukan bersama atas diskresi Kepolisian untuk mengatur lalu lintas di Gerbang Masuk Cikupa, tempat istirahat (TIP) KM 43 dan KM 68 arah Merak, dalam mengantisipasi antrian dari Pelabuhan Merak ke Ruas Tol Tangerang-Merak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya