Polri Terjunkan Anggota Khusus untuk Antisipasi Cuaca Buruk Akhir Tahun

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo
Sumber :
  • Polri

VIVA Nasional – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah melakukan persiapan antisipasi cuaca buruk. Sebab, Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengeluarkan kebijakan agar bekerja dari rumah (work from home).

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono telah menyampaikan arahan kepada seluruh jajaran Polda hingga Polres saat anev. Menurut dia, Polri telah mempersiapkan pasukan SAR.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo

Photo :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)
Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

“Pak Waka sudah mengarahkan mempersiapkan pasukan SAR dan sarpras untuk menghadapi kontijensi bencana alam,” kata Dedi saat dikonfirmasi wartawan pada Rabu, 28 Desember 2022.

Selain itu, kata Dedi, para Kasatwil juga sudah diperintahkan turun ke lapangan untuk mapping kerawanan-kerawanan yang mungkin dapat terjadi di wilayah masing-masing dan siapkan kontijensi plan secara maksimal.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

“Mabes Polri sudah siapkan pasukan untuk back up wilayah bila diperlukan seperti mitigasi gempa Cianjur,” pungkasnya.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo

Photo :
  • Polri

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sepakat untuk bekerja sama dalam menghadapi potensi cuaca buruk di DKI Jakarta. Kerja sama tersebut yakni melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebutkan, TMC ini nantinya akan dilakukan jelang Januari dan Februari tahun 2023 mendatang. Heru juga menyebutkan, pihaknya akan melakukan pemetaan kembali wilayah rawan bencana di Ibu Kota.

“Kami sudah diskusi ada beberapa hal yang akan kami sikapi. Yang pertama adalah menjelang Januari dan Februari, kami nanti bersama BNPB akan melakukan TMC dan kemudian memetakan kembali rawan bencana,” kata Heru Budi di kantor BNPB pada Selasa, 27 Desember 2022.

Kemudian, Heru menyebutkan, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto telah menyarankan Pemprov DKI agar melakukan pencegahan bencana alam dengan belajar dari kota-kota lain.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizki

Tadi beliau (Kepala BNPB) menyarankan misalnya untuk perencanaan sekolah, rumah sakit dan infrastruktur atau bangunan milik pemerintah itu harus konsepnya misalnya di atas 7 Skala Richter,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menyebutkan, penanganan potensi cuaca ekstrem dengan menggunakan metode TMC akan dipegang oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan TNI AU.

“Nanti pelaksanaannya BRIN dan TNI AU, peanggarannya dari BNPB juga kita melaksanakan TMC. Nanti, mudah-mudahan ketika hujan lebat tidak mengganggu dalam proses pergantian tahun,” ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya