Prakiraan Cuaca: Jakarta Diguyur Hujan di Malam Tahun Baru 2023

Warga berjalan menggunakan payung saat turun hujan di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA Nasional - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Tanah Air berpotensi hujan disertai petir pada Sabtu, 31 Desember 2022. Salah satunya Jakarta yang diprakirakan akan diguyur hujan saat malam tahun baru nanti.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Dari keterangan BMKG, sebagian wilayah Jakarta akan turun hujan saat siang, malam, dan dini hari nanti. Saat malam dan dini hari nanti, sebagian wilayah seperti Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu akan diguyur hujan intensitas ringan.

Ilustrasi warga berjalan menggunakan payung saat hujan di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Namun, BMKG memperingatkan waspada potensi hujan diserta petir di sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur saat siang serta sore hari.

Untuk Banten, potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi akan mengguyur sebagian daerah di provinsi tersebut. Hujan intensitas sedang hingga lebat itu berpotensi disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah seperti Kabupaten Lebak, Kota Serang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan, hingga Kabupaten Pandeglang bagian selatan.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Begitu juga Jawa Barat yang diprakirakan akan turun hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Potensi cuaca tersebut diprediksi di sebagian wilayah Jawa Barat seperti Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Subang, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, dan Kabupaten Karawang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut.

Sebagian Wilayah Bali juga sama berpotensi turun hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir seperti Gianyar, Semarapura, dan Singaraja. Masyarakat Bali juga diimbau waspada gelombang tinggi laut yang mencapai 2 meter.

BMKG juga memprediksi sebagian wilayah Jawa Timur akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir. Potensi cuaca itu pada pagi hari melanda Kabupaten Mojokerto, Gresik, Jombang, Ponorogo, Tulungagung.

Pun, wilayah Jatim lainnya saat siang ke sore hari di Surabaya, Sidorajo, Kota Mojokerto, Lamongan, Bojengoro, Nganjuk, dan Magetan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya