Ada 247 Teroris Ditangkap Densus 88 Anti Teror Selama 2022

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi (Yogyakarta)

VIVA Nasional – Densus 88 Anti Teror Polri, berhasil menangkap 247 teroris sepanjang tahun 2022. Teroris tersebut tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan berasal dari berbagai kelompok.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

"Ada 247 tersangka teroris yang kita amankan (terdiri dari) 97 kelompok JI, 70 kelompok Anshor Daulah, 46 kelompok JAD, 28 kelompok NII, 4 kelompok MIT, 1 tersangka lone wolf dan 1 
tersangka foreign terorist fighter," ujar Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, kepada wartawan, dikutip Minggu 1 Januari 2023.

Dalam penanganan teroris sepanjang tahun 2022, Kapolri menyebut pihaknya melakukan penangkapan sebelum para teroris menebar teror. Jenderal Sigit menyebut, pihaknya sudah mengidentifikasi para teroris sebelum mereka beraksi.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

"Pada penanganan terorisme selama 2022, Polri mengedepankan upaya preventive strike sehingga para pelaku teror berhasil diamankan sebelum melakukan aksinya dan masyarakat merasa aman karena para pelaku teror tersebut tidak sempat menimbulkan ketakutan," jelasnya.

"Pada saat kami lihat tanda akan lakukan aksi dengan penghitungan cukup kita langsung tangkap," sambungnya.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Jenderal bintang empat itu menyebut, pihaknya melakukan hal ini terlebih ketika adanya event G20 di Bali. Sesuai perintah Presiden Joko Widodo, Kapolri menyebut pihaknya langsung mengamankan event tersebut dari aksi teror.

"Tentunya Langkah ini kita lakukan utamanya Pak Presiden sampaikan bahwa nggak boleh letupan sekecil apapun saat hadapi KTT G20. Kita lakukan alhamdulillah sampai pelaksanaan G20 tidak ada letupan sekecil apapun," tutur mantan Kabareskrim Polri itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya