Jokowi Dinilai Berhasil Bangun Indonesia Secara Merata

Presiden Jokowi Meresmikan Terminal Baru Bandara Mopah, Merauke, Papua.
Sumber :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus berkomitmen untuk mewujudkan pemerataan pembangunan bagi seluruh wilayah Indonesia tanpa terkecuali. Untuk itu, Jokowi juga memfokuskan membenahi infrastruktur-infrastruktur di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Langkah Jokowi ini dimaksudkan agar daerah-daerah yang mengalami keterlambatan pembangunan bisa menyusul sehingga tidak ada ketimpangan. Strategi Jokowi tersebut mendapat banyak apresiasi dari beragam pihak.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Salah satunya adalah Akademisi Universitas Khairun (Unkhair), Kota Ternate, Dr Ridha Ajam. Ia memuji kebijakan Jokowi dalam upaya mewujudkan pemerataan melalui penggalakkan pembangunan daerah-daerah 3T. Kini bisa dilihat, kata Ridha, infrastruktur telah menjangkau mulai dari ujung Provinsi Aceh hingga Papua.

“Saya melihat sekarang pembangunan supaya ada pemerataan ke depan. Maka oleh pemerintah pusat Pak Jokowi difokuskan kepada daerah-daerah yang mengalami keterlambatan pembangunan. Dalam hal ini wilayah timur,” ujar Ridha.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Ridha mengatakan Pemerintahan Jokowi harus diakui berhasil membangun Indonesia secara merata. Hal tersebut adalah catatan kinerja positif yang sukses diukir oleh Jokowi selama delapan tahun telah memimpin Indonesia.

“Kita harus akui bahwa pemerintah sangat memprioritaskan pembangunan demi pemerataan. Sehingga daerah-daerah harus memanfaatkan peluang ini untuk membangun daerahnya sendiri,” pungkasnya.

Jejak pembangunan Jokowi di Indonesia Timur memang tercatat sudah sangat banyak. Di antaranya adalah Pembangkit Listrik tenaga Uap (PLTU) Maluku, pembangunan jalan Trans Papua dan Makassar New Port sebagai pelabuhan terbesar di Indonesia Timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya