Ustazah Nadia Lagi Ngaji Disawer Bak Biduan, MUI: Haram dan Tak Sopan!

Viral ustazah sedang mengaji disawer uang berhamburan
Sumber :
  • Twitter @Hilmi28

VIVA Nasional - Viral video di media sosial seorang ustazah yang tengah mengaji dihampiri pria bergamis lalu disawer dengan duit di atas kepalanya. Aksi terhadap ustazah Hj Nadia Hawasyi itu menuai kecaman.

Mengungkap Status Land Cruiser Pelat Nomor B3BAS yang Ugal-ugalan

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Dakwah dan Ukhuwah Cholil Nafis mengecam tindakan menyawer dengan menyelipkan ke kerudung qoriah.

"Nyawer dg cara menyelipkan ke krudung qoriah yg bukan mahromnya adlh haram. Selain itu juga tak sopan," tulis Kiai Cholil, sapaan akrabnya, dalam akun Instagramnya, @cholilnafis yang dikutip VIVA pada Jumat, 6 Januari 2023.

Viral, Penjaga Kos di Jakpus Intip Perempuan Lagi Mandi dari Sela Jendela

Dia mengaku sudah tabayun ke MUI daerah tempat aksi nyawer tersebut. Menurut Kholil dari keterangan yang diperolehnya, cara nyawer di depan qori yang tengah melantunkan ayat suci Alquran sebagai tradisi di daerah tersebut.

"Saya sdh konfirmasi ke MUI daerah itu bahwa memang tradisinya di sana memberi uang ke depan qari’ yg sdg melanyunkan ayat2 suci Alquran," tambah Cholil.

Viral Pasien DBD Membeludak di Kota Bekasi, Ini Kata Kemenkes

Viral ustazah sedang mengaji disawer uang berhamburan

Photo :
  • Twitter @Hilmi28

Cholil mengatakan nyawer dan menyelipkan uang ke kerudung qoriah itu tak bisa. Dia menaruh perhatian persoalan tersebut. Dia mengatakan daerah dan pelaku yang menyawer akan dibina ulama setempat.

"Agar cara menghormati kpd pembaca Alquran sesuai tuntunan Islam dan sesuai tradisi kesantunan," lanjut Cholil.

Sebelumnya, dalam cuitannya, Kholil juga menyoroti aksi nyawer tersebyt sebagai cara yang salah dan tak menghormati majelis. Dia menegaskan hal itu sebagai perbuatan haram dan melanggar nilai-nilai kesopanan.

"Hentikan acara dan perbuatan seperti ini. Mhn ulama dan tokoh masyarakat menolak ini dan jangan menganggap ini tradisi yg baik. Jelas cara ini bertentangan dg ayat2 yg dibaca qori’ah," tulis Cholil.

Dia juga mengingatkan agar panitia bisa melarang cara tersebut. Pun, dari qariah menurutnya bisa mengambil tindakan berhenti membaca Alquran sebagai bentuk protes. Keluarga dari qariah juga bisa mencegah perilaku menyawer tersebut.

Sebelumnya, viral di media sosial video memperlihatkan seorang ustazah yang tengah mengaji sambil disawer oleh beberapa orang jemaah pria. Dalam video itu, tampak dua orang pria berpakaian gamis muslim menghampiri qoriah lalu menyawernya. 

Duit saweran dihambur-hamburkan di atas kepala qoriah. Ada juga jemaah pria lain yang menyawer dengan menyelipkan beberapa lembar duit ke bagian kerudung qoriah.

Tindakan menyawer yang menuai kecaman itu diduga saat penyelenggaraan Maulid Nabi Muhammad SAW, beberapa waktu lalu. Qoriah yang mengaji tersebut bernama Ustazah Nadia Hawasy. 

Video itu jadi viral yang salah satunya usai diunggah pegiat media sosial yang juga ustaz yaitu Hilmi Firdausi dengan akun Twitter @Hilmi28. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya