Gunung Marapi Erupsi, Statusnya Tetap di Level Waspada

Gunung Marapi di Sumatera Barat Erupsi.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah (Padang)/-HO-PVMBG Badan Geologi.

VIVA Nasional – Gunung Marapi yang terletak di wilayah administrasi Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mengalami erupsi pada Sabtu, 7 Januari 2023, pukul 06.11 WIB. Ketinggian kolom abu mencapai 300 meter.

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

“Benar, telah terjadi erupsi pagi ini sekitar pukul 06.11 WIB, dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 300 meter di atas puncak,” kata Ahmad Rifai, Petugas Pemantau Gunung Marapi. 

Gunung Marapi dilihat dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat

Photo :
  • Antara/ Arif Pribadi
Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Rifai menyebut, kolom abu terpantau berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 13.4 mm dan durasi sekitar 45 detik.

"Untuk status Gunung Marapi saat ini berada pada Status Level II atau Waspada. Sehingga masyarakat sekitar Gunung Marapi dan pengunjung atau wisatawan dilarang mendekati gunung pada radius 3 Kilometer dari kawan atau puncak," tutur Ahmad Rifai.

Kloter Pertama Jemaah Haji Sumbar Terbang ke Tanah Suci 12 Mei 2024

Mengingat adanya peningkatan aktivitas, kata Rifai, PVMBG merekomendasikan untuk tidak melakukan aktivitas atau mendekati Gunung Marapi pada radius 3 kilometer dari kawah atau puncak. Sebab, kawah sebagai pusat letusan dan sumber keluarnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan.

Masyarakat yang ada di sekitar Marapi diharapkan tetap tenang tidak terpancing isu- isu tentang letusan Marapi. Harap selalu berkoordinasi dengan PVMBG dan mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah setempat.

Diketahui, Gunung Marapi merupakan salah satu Gunung api aktif yang ada di Sumatera Barat. Posisinya berada di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat dengan ketinggian 2.891 mdpl.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya