4 Warga di Sentani Kena Peluru Nyasar Saat Ricuh Penangkapan Lukas Enembe

Ilustrasi peluru
Sumber :
  • realitypod.com

VIVA Nasional – Sebanyak 4 orang warga menjadi korban peluru nyasar saat polisi melakukan pembubaran massa simpatisan tersangka Lukas Enembe di areal Bandar Udara Sentani, Papua, Selasa, 10 Januari 2023. Peristiwa tersebut terjadi saat tersangka Lukas Enembe tiba di Bandara Sentani setelah ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di salah satu rumah di Jayapura.

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, membenarkan ada 4 warga terkena peluru nyasar saat dilakukan pembubaran dipintu masuk Bandara Sentani.

"Ke-4 warga yang terluka ini, semua terkena peluru nyasar saat akan dilakukan pembubaran didepan pintu masuk Bandara Sentani. 3 orang nyasar saat melakukan perlawanan sedangkan 1 orang ibu terkena perluru di dalam salah satu rumah makan," kata Kapolres Fredrickus.

Buru Harta Rafael Alun, KPK Serahkan Memori Kasasi

Polisi saat mengamankan jalan masuk ke Bandara Sentani, Jayapura.

Photo :
  • Istimewa/Aman Hasibuan

Ia menjelaskan, bahwa ke-4 warga tersebut terkena peluru nyasar dibagian paha. Mereka kini sudah dievakuasi untuk mendapat perawatan medis di rumah sakit. "Nanti kita akan lakukan identifikasi terkait korban yang terkena peluru nyasar tersebut," ujarnya.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Lebih lanjut Fredrickus mengutarakan, saat ini ke-4 orang warga korban peluru nyasar ini telah menjalani perawatan  medis. "Tiga orang korban  di rawat di Rumah Sakit Yowari dan 1 orang warga di Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura," ucap Fredrickus.

Fredrickus mengimbau kepada warga Sentani dan sekitarnya agar tetap waspada dan tidak termakan isu-isu yang tidak bertanggungjawab yang sengaja menciptakan keributan.

"Tadi memang ada sempat terjadi kerusuhan di Bandara Sentani setelah tersangka Lukas Enembe tiba di bandara. Keributan itu terjadi di cargo, tetapi masyarakat tidak perlu khawatir sebab kami aparat keamanan menjamin keamanan dan keselamatan," katanya.

Fredrickus juga mengatakan, apabila masyarakat hendak keluar rumah agar tidak terlalu lama, namun jika tidak penting sebaiknya tinggal di dalam rumah saja. "Kami yakin situasi keributan ini akan bisa terkendali. Kami pun tak lupa mengingatkan untuk menolak ajak-ajakan yang merugikan diri sendiri dan orang lain," ujar Kapolres.

Bentrok pasca ditangkapnya Gubernur Papua Lukas Enembe

Photo :
  • Tangkapan layar

Pasca penangkapan Gubernur Lukas Enembe, (LE) oleh KPK di salah satu rumah makan di Kota Jayapura, terjadi keributan di areal Bandara Sentani tadi siang, namun aparat keamanan berhasil mengendalikan massa yang melakukan keributan dan situasi kembali menjadi normal setelah sejumlah aparat keamanan diturunkan mengamankan Bandara Sentani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya