Dari Bandara Soetta, Lukas Enembe Langsung Dibawa ke RSPAD Untuk Cek Kesehatan

Juru Bicara KPK Ali Fikri
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Nasional – Gubernur Papua Lukas Enembe atau LE dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Selasa malam 10 Januari 2023. Lukas sebelumnya, telah ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas gratifikasi proyek infrastruktur di Papua.

Biduan Dangdut Sewaan SYL Bilang Begini Usai Diperiksa KPK

"Perkembangan dari tersangka LE, memang benar saat ini masih dalam perjalanan, transit Manado dan kemudian menuju ke Jakarta. Diperkirakan nanti pesawat sekitar pukul 20.45 WIB akan mendarat di Soekarno Hatta," kata Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada awak media di Kantor KPK Selasa, 10 Januari 2023. 

Gubernur Papua Lukas Enembe di pesawat usai ditangkap KPK

Photo :
  • Ist
Nurul Ghufron Janji Hadir di Sidang Etik Dewas KPK Besok

Ali mengatakan, setelah tiba di Bandara Soekarno-Hatta Lukas Enembe akan dibawa ke RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.  "Jadi untuk memastikan kondisi kesehatannya, karena kami tetap ingin menjunjung hak asasi manusia karena kesehatan dari tersangka dan prosedur hukum. Maka dari bandara direncanakan nanti akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu di rumah sakit RSPAD begitu," ujarnya. 

Dengan demikian kata Ali, KPK baru akan melakukan pemeriksaan terhadap LE besok siang. "Kami agendakan besok siang mudah-mudahan, karena ini kan penangkapan sesuai hukum acara pidana 1×24 jam jadi statusnya masih orang yang ditangkap. Baru kemudian besok siang kami akan sampaikan perkembangannya," jelasnya. 

Pejabat Kementan Terpaksa Pinjamkan Uang Rp200 Juta untuk Renovasi Kamar Anak SYL

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Gubernur Papua Lukas Enembe di sebuah rumah makan di Kota Jayapura, Papua, Selasa, 10 Januari 2023.

Enembe ditangkap karena merupakan tersangka kasus suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Papua.  Penangkapan terhadap Lukas Enembe berlangsung sangat dramatis dengan melibatkan personel Brimob Polda Papua. 

Dengan pengawalan ketat personel bersenjata, Lukas Enembe diboyong ke Bandara Sentani, dan bersama rombongan KPK bertolak ke Jakarta.

Bentrok pasca ditangkapnya Gubernur Papua Lukas Enembe

Photo :
  • Tangkapan layar

Penangkapan Lukas Enembe dibenarkan Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo.

"Iya informasi yang saya dapatkan dari Karo Ops Polda Papua bahwa dari KPK melakukan penangkapan Lukas Enembe," ujar Ignatius dalam keterangannya, Selasa, 10 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya