Gunung Marapi Sumatera Barat Erupsi, Tinggi Kolom Abu 800 Meter

Gunung Marapi di Sumatera Barat erupsi.
Sumber :
  • PVMBG

VIVA Nasional – Aktivitas vulkanologi gunung Marapi, Sumatra Barat (Sumbar) terus mengalami peningkatan. Total, tercatat sudah sebanyak 111 kali gunung Marapi mengalami erupsi. Teranyar, erupsi terjadi pada Rabu, 11 Januari 2023, pukul 08.25 WIB. 

Aktivitas Vulkanik Meningkat, Gunung Ibu di Halmahera Barat Naik Status Jadi Siaga

Warga pun diminta untuk waspada dan melaporkan apabila mengetahui ada wilayah yang terdampak semburan abu.

Menurut Petugas Pos Pengamatan gunung Marapi, Ahmad Rifandi, erupsi yang baru saja terjadi ini, terekam merupakan erupsi terbesar sejak terjadi pertama kali pada Sabtu, 7 Januari 2023.  

Gunung Ibu Kembali Erupsi, Kolom Abu 1.500 Meter di Atas Puncak

Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, dilaporkan erupsi pada Rabu pagi, 2 Mei 2018.

Photo :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

"Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 800 meter di atas puncak. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 8 mm dan durasi sementara ini sekitar 2 menit lebih," kata Ahmad Rifandi.

Dua Warga Dilaporkan Hilang akibat Longsor di Padang

Ahmad mengatakan, erupsi kali ini terekam pada saat pihaknya masih membuat laporan tentang aktivitas vulkanologi Marapi. 

Meski demikian, menurut Ahmad, status Marapi masih berada di level II atau waspada dengan rekomendasi yang masih sama yakni, masyarakat di sekitar Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan melakukan pendakian dan mendekati radius 3 kilometer dari kawah atau puncak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya