Gunung Anak Krakatau Meletus 4 Kali

Gunung Anak Krakatau.
Sumber :
  • Twitter/@EarthUncutTV

VIVA Nasional – Gunung Anak Krakatau (GAK) mengalami erupsi empat kali dalam dua hari. Berdasarkan data yang dikutip dari aplikasi MagmaIndonesia, tertulis letusan terbaru setinggi 300 meter dari atas puncak, terjadi pada Kamis dini hari, 12 Januari 2023, sekitar pukul 00.46 wib. 

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Berdasarkan laporan yang disusun Jumono, petugas Pos Pantau GAK Pasauran, Kabupaten Serang, Banten, abu letusannya berwarna hitam tebal dan mengarah ke timur laut. Erupsi tanpa suara dentuman itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum dan terjadi selama 16 detik.

Status Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi

Kemudian erupsi lainnya terjadi Rabu malam, 11 Januari 2023, pukul 23.25 wib, setinggi 300 meter dari puncak. Kolom abunya berwarna hitam tebal mengarah ke timur laut. Letusan itu terekam di seismogram dengan durasi 13 detik dan beramplitudo maksimum 28 mm.

Selanjutnya, letusan selama 20 detik dan beramplitudo 10mm terjadi di tanggal yang sama, pukul 22.41 wib dengan ketinggian 200 meter dari atas puncak. Abunya berwarna hitam tebal mengarah ke timur laut.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Erupsi Gunung Anak Krakatau

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Masih dikutip dari aplikasi yang sama dan disusun oleh Ade Yasser Akhmad Purwata, melaporkan erupsi setinggi 200 meter dari puncak, dengan amplitudo maksimum 50mm berdurasi 33 detik. Kolom abu berwarna kelabu, serta mengarah ke timur laut.

Gunung berapi yang berada di perairan Selat Sunda itu berstatus Level III atau siaga, dengan rekomendasi tidak mendekat dalam radius 5km.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya