Rusuh! Warga di Dogiyai Papua Tewas Ditembak, Kios Dibakar

Sejumah kios yang terbakar di Dogiyai, Papua.
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan/Humas Polda Papua.

VIVA Nasional – Penembakan warga dan pembakaran kios terjadi di Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah sekitar pukul 13.00 WIT, Sabtu, 21 Januari 2023. Kepolisian Resor Dogiyai menyatakan, peristiwa diawali oleh pemalakan terhadap sebuah truk yang dilakukan oleh sekelompok pemuda di sekitaran Kampung Gopouya. Mereka disebut tengah dipengaruhi miras .

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Kapolres Dogiyai Kompol Samuel D. Tatiratu, menjelaskan bahwa pada saat pemalakan tersebut, diketahui terjadi penembakan terhadap seorang pemuda yang bernama Yulianus Tebai (30) hingga meninggal dunia..

“Mendengar peristiwa pemalakan tersebut, anggota kemudian bergegas menuju TKP. Namun sesampai di sana, anggota sudah melihat Korban tergeletak tak bernyawa di pinggir jalan,” ucapnya, Sabtu, 21 Januari 2023.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Polisi Ikut Diserang

Sejumah kios yang terbakar di Dogiyai, Papua.

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan/Humas Polda Papua.
40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Ia melanjutkan, anggota kepolisian kemudian melakukan negosiasi bersama keluarga yang juga telah berada di TKP untuk membawa korban ke Puskesmas Bomomani untuk mendapatkan tindakan medis lebih lanjut.

“Anggota yang tengah melakukan evakuasi korban menuju Puskesmas Bomomani kemudian dicegat dan diserang menggunakan batu, kayu dan alat tajam oleh sekelompok pemuda sehingga anggota mengambil keputusan untuk mengamankan diri di Polsek Mapia mengingat keamanan anggota yang minim,” ungkapnya.

Kapolres menambahkan, kelompok pemuda yang hendak menyerang anggota tersebut kemungkinan tidak terima adanya korban penembakan tersebut. Mereka membuat kericuhan lain yang menimbulkan pembakaran di beberapa kios. Polisi saat ini tengah mendalami kasus pemalakan tersebut.

“Saat ini kami tengah berupaya melakukan penyelidikan para pelaku pemalakan, penembakan serta pembakaran tersebut untuk kami berikan tindakan tegas sesuai hukum. Kerugian yang ditimbulkan akibat kejadian tersebut yakni pembakaran kios/toko warga pendatang dan kaca 2 kendaraan Jenis Truck Hancur (Pecah akibat lemparan batu oleh massa),” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya