Rekening Pedagang Burung Diblokir, KPK Sebut Namanya Sama dengan Tersangka Korupsi

Juru bicara KPK Ali Fikri
Sumber :
  • VIVA/Ilham

VIVA Nasional – Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan penjelasan soal pemblokiran rekening BCA milik pedagang burung, bernama Ilham Wahyudi.

Tak Punya Duit Buat Open BO, Pedagang Siomay Kalap Curi 675 Celana Dalam Wanita

Nama penjual burung itu, sama dengan nama tersangka KPK dalam kasus suap pengelolaan dana hibah Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Ilham Wahyudi yang dimaksud KPK, seharusnya merupakan Koordinator Lapangan Kelompok Masyarakat Ilham Wahyudi alias Eeng. Dia terjerat tersangka bersama Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua P. Simandjuntak.

Pedagang Emas Dirampok, Suami Tewas dan Istri Terluka

"Informasi yang kami peroleh, nama dan tanggal lahir yang bersangkutan kebetulan sama, dengan nama tersangka KPK yang diajukan permintaan pemblokiran. Data pembedanya ada pada alamatnya," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, Jumat, 27 Januari 2023.

Alasan Nurul Ghufron Gugat Dewas KPK ke PTUN dan MA

Walaupun nama tersangka KPK itu sama dengan pedagang burung di Pamekasan, Jawa Timur, data pembeda terdapat pada alamat masing-masing orang tersebut. Menurut Ali, pihak bank bakal menyampaikan kepada nasabah adanya kekeliruan tersebut.

"Pihak bank akan sampaikan kepada nasabahnya terkait kekeliruan dimaksud," kata Ali.

Ali memastikan, setiap permintaan pemblokiran oleh KPK, karena terdapat kebutuhan penyidikan. KPK memberikan kelengkapan data dari pihak yang ingin diblokir.

"KPK lakukan sebagaimana prosedur hukum berlaku, termasuk data lengkap pihak yang dimintakan blokir," kata Ali.

Sebelumnya, seorang penjual burung Ilham Wahyudi di Pamekasan, Jawa Timur mengeluh tidak bisa menarik uang senilai Rp 2 juta yang tersimpan di dalam rekening. Pihak BCA menyebut, rekening tersebut diblokir atas perintah dari KPK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya