Jakarta Potensi Hujan Petir, Simak Prakiraan Cuaca di Indonesia

Ilustrasi prakiraan cuaca
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jojon

VIVA Nasional – Sebagian besar wilayah Indonesia, pada 2 Februari 2023 ini, diperkirakan masih akan turun hujan. Prakiraan cuaca oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, mencatat itu.

Sepekan Terjadi 30 Bencana Besar di Jateng, Pj Gubernur: Percepat Penutupan Tanggul

Hujan yang disertai dengan angin kencang walau berdurasi singkat, menurut BMKG cukup berpotensi terjadi di sejumlah daerah.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dengan durasi singkat di sebagian wilayah Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada siang dan sore hari," tulis BMKG dalam laman resminya, dikutip VIVA, Kamis 2 Februari 2023.

6 Fakta Tarawih Kilat 23 Rakaat Cuma 7 Menit di Indramayu

Potensi tersebut masih juga tercatat terjadi di sebagian wilayah Jawa dari timur hingga ke barat Banten. Termasuk di beberapa wilayah di Sumatera seperti Aceh, Bengkulu, Jambi hingga Lampung.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Pandeglang bagian barat dan utara, Kabupaten Lebak bagian utara dan tengah,".

Salat Tarawih Kilat di Indramayu, 23 Rakaat Selesai 7 Menit

Ke wilayah timur Indonesia. Potensi serupa diperkirakan dalam ramalan BMKG, juga akan terjadi. Hampir di sebagian besar wilayah Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Dengan intensitas yang berbeda-beda.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang dan sore hari di wilayah Kabupaten Pohuwato, Kabupaten Gorontalo, dan Kabupaten Gorontalo Utara," tulis BMKG.

Di wilayah Maluku dan sekitarnya, BMKG juga memperingatkan akan potensi angin kencang di beberapa tempat di sana.

"Waspada hujan sedang hingga lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang sesaat di Kota Ambon dan Kota Tual, Kabupaten Buru Selatan, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Maluku Tenggara,".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya