Polda Papua Konfirmasi Kebenaran Foto dan Video Pilot Susi Air yang Disandera OPM

Ilustrasi pesawat Susi Air
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Belakangan viral beredar foto-foto dan juga video, yang memperlihatkan kondisi pilot Susi Air, Capten Philip Mark Mehrtens, yang diduga disandera oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Asyik Pesta Miras dan Ganja, 5 Mahasiswa di Papua Diciduk Polisi

Dikutip dari tvOnenews.com, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignasius Benny, mengonfirmasi soal kebenaran dari foto-foto dan video yang beredar di media sosial tersebut.

"Benar foto dan video tersebut diduga saat insiden pembakaran pesawat Susi Air di Paro," kata Benny, dikutip dari tvOnenews.com, Selasa, 14 Februari 2023.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Lapangan terbang Paro, Nduga, Papua yang menjadi TKP dibakarnya pesawat Susi Air

Photo :
  • Antara

Diketahui sebelumnya, belum lama ini juga beredar di media sosial, siaran pers yang diduga dari Ketua Organisasi Papua Merdeka (OPM), Jeffrey Bomanak.

Viral Seorang Pilot Lamar Pramugari di Dalam Sebuah Penerbangan

Dalam siaran pers itu, Jeffrey mengatakan bahwa perang gerilya dan taktik penyanderaan TPNPB OPM adalah sah, berdasarkan UUD 1 Juli 1971 dan hukum perang internasional.

"Kami menyandera karena Indonesia menjajah kami dengan memanfaatkan semua kekayaan alam kami, tetapi dunia internasional tidak mendengar suara kami karena dunia memiliki kepentingan ekonomi di Papua," kata Jeffrey Bomanak dalam siaran persnya, Selasa, 14 Februari 2023.

Sebelumnya, Pilot Susi Air Capt. Philips hilang sejak Selasa, 7 Februari 2023 lalu setelah pesawat yang diterbanginya diserang dengan cara dibakar oleh Kelompok Separatis Teroris (KST) Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Egianus Kogoya sesaat setelah mendarat di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya