Dalih Polisi Klaim Pengamanan Pertandingan PSIS Berujung Ricuh Sesuai Prosedur

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – Polda Jawa Tengah mengklaim kalau proses pengamanan pertandingan antara PSIS Semarang melawan Persis Solo di Stadion Jatidiri sudah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) walau sempat ada ricuh polisi dengan suporter.

Instagram Epy Kusnandar Aktif! Istri: Buat Haters, Suami Saya Tidak Pegang HP Sampai Detik Ini

Pengerahan personel dan tindakan kepolisian diamini telah sesuai ketentuan. Hal ini diungkap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Iqbal Alqudusy. Ketika proses pengamanan, diakui pihaknya menerapkan tiga lapis penyekatan.

Ribuan pendukung PSIS Semarang dihadang di depan pintu Stadion Jatidiri Semarang

Photo :
  • Antara
Alami Demensia, 2 Jemaah Calon Haji Embarkasi Solo Gagal Terbang ke Tanah Suci

"Kami sudah melakukan tiga penyekatan," ucapnya kepada wartawan, Sabtu 18 Februari 2023.

Dia menjelaskan perihal pola penyekatan dalam laga itu jelang kericuhan terjadi. Penyekatan pertama ada di pertigaan Akademi Kepolisian (Akpol) arah masuk Jalan Semeru. Menhelang laga, massa disebut mulai nampak. Pada penyekatan kedua depan Alfamart Telaga Bodas arah Stadion Jatidiri, suporter semakin meningkat di penyekatan.

Bobby Ditangkap Polisi, Diduga Menghina Suku Pakpak

Pada penyekatan terakhir, di kawasan Stadion Jatidiri, petugas menggunakan pengeras suara guna membubarkan massa. Pihaknya pun diklaim telah negoasiasi menggunakan polwan dan pihak PSIS tapi, massa tidak membubarkan diri. Iqbal mengatakan, massa suporter malah memaksa masuk ke area Stadion. Polisi akhirnya melakukan tindakan sesuai dengan SOP yang ada.

"Penggunaan gas air mata adalah opsi terakhir setelah semua penyekatan tidak mampu membendung massa," katanya.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Sebelumnya, ribuan pendukung PSIS Semarang nekat datang ke Stadion Jatidiri Semarang, Jumat sore, meski pertandingan melawan Persis Solo dalam lanjutan Liga 1 itu diputuskan digelar tanpa penonton.

Sempat terjadi kericuhan antara polisi dan pendukung PSIS di depan pintu masuk Stadion Jatidiri tersebut. Polisi menembakkan gas air mata untuk menghalau pendukung PSIS yang memaksa masuk ke stadion.

Pertandingan antara PSIS Semarang melawan Persis Solo di Stadion Jatidiri Semarang diputuskan digelar tanpa penonton. Hal tersebut sesuai dengan rekomendasi yang diterbitkan oleh Polrestabes Semarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya