Ledakan Petasan Maut Blitar Diduga karena Rokok, Polisi: Masih Kita Pastikan

Ledakan petasan menghancurkan puluhan rumah di Blitar, Jawa Timur
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA Nasional – Kepolisian Daerah Jawa Timur telah melakukan uji laboratorium terhadap sejumlah bukti di Tempat Kejadian Perkara untuk mengetahui penyebab ledakan di rumah tempat produksi petasan di Dusun Tegalrejo, Ponggok, Kabupaten Blitar, Minggu, 19 Februari 2023, malam. Peristiwa memilukan itu merenggut nyawa empat orang.

Bergerak Cepat, Bea Cukai Kudus Kembali Temukan Dua Bangunan Tempat Produksi Rokok Ilegal

Kepala Bidang Laboratorium Forensik Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Sodiq Pratomo mengakui timnya menemukan puntung rokok di TKP. Namun, masih belum diketahui puntung rokok tersebut milik korban atau bukan. 

“Masih kita pastikan,” katanya kepada wartawan di Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa, 21 Februari 2023.

Pengakuan Chandrika Chika ke Ibunya: Gak Tau Vape yang Dihisap Ada Narkobanya

Dia mengatakan selain puntung rokok, di lokasi ditemukan menemukan beberapa barang bukti, di antaranya tiga panci berukuran 5 kilogram, wajan berukuran 5 kilogram. Selain itu, ada pecahan logam, dan bahan peledak yang masih asli berbentuk belerang. “Mungkin ada proses pembuatan di sana. Belum kita temukan bahan yang lain," lanjut Sodiq.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Panci dan wajan itu diperkirakan mampu memuat bahan peledak sekira 15-20 kilogram. Namun, itu masih didalami karena semua bahan peledak sudah terbakar. 

Menurut Sodiq, ledakan yang terjadi berdaya rendah atau low explosive. “Bahan isian mercon atau bahan isian bondet,” ujar Sodiq.

Sebelumnya, ledakan hebat terjadi di Dusun Tegalrejo, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, pada Minggu malam, 19 Februari 2023. Ledakan itu diduga akibat timbunan bubuk petasan. Data sementara, empat orang tewas akibat peristiwa itu dan puluhan rumah rusak.

"Diduga timbunan bahan peledak [bubuk petasan] meledak mengakibatkan rumah di wilayah Dusun Tegalrejo, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok mengalami kerusakan dan menimbulkan luka-luka, korban jiwa, dan orang hilang," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Blitar Ivong Bertyanto, dikonfirmasi Senin, 20 Februari 2023.

Rumah hancur akibat ledakan petasan di Ponggok, Blitar, Jawa Timur

Photo :
  • FB

Dia mengatakan, peristiwa memilukan itu terjadi pada Minggu malam sekira pukul 22.45 WIB. Ledakan tiba-tiba terjadi di sebuah rumah di RT 1 RW 13 Dusun Tegalrejo. Diduga. Dugaan ledakan berasal dari timbunan bubuk petasan.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Blitar Kota Inspektur Polisi Satu Achmad Rochan mengatakan, keempat korban tewas teridentifikasi satu keluarga. Hal itu diketahui setelah petugas berhasil mengidentifkasi dari potongan tubuh yang ditemukan saat penyisiran di lokasi.

“Potongan tubuh ini ditemukan petugas yang sedang melakukan penyisiran di lokasi,” kata Rochan dikonfirmasi VIVA pada Senin, 20 Februari 2023.

Keempat korban tewas itu ialah pemilik rumah bernama Darman (65). Dia ditemukan tewas dalam kondisi tubuh yang utuh. 

Sementara, dua anak dan satu keponakannya ditemukan dalam kondisi mengenaskan. Tiga potongan tubuh yang ditemukan teridentifikasi milik Aripin (anak Darman), Widodo (anak Darman), dan Wawa (keponakan Darman).
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya