INFOGRAFIK: Harta Fantastis Rafael si Pegawai Pajak Kalahkan Harta Presiden

Konferensi pers Kemenkeu soal penanganan kasus pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

VIVA Nasional – Nama seorang PNS di Direktorat Jenderal Pajak, Rafael Alun Trisambodo, ikut terbawa dalam pusaran kasus penganiayaan yang dilalukan oleh remaja berusia 20 tahun bernama Mario Dandy Satrio (MDS). MDS diduga anak dari Rafael.

Sri Mulyani Pede Inflasi Melandai di Kuartal-II 2024 Seiring Turunnya Harga Beras

Rafael sendiri tercatat secara periodik melaporkan harta kekayaannya ke dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dikelola Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam data LHKPN, Mario merupakan pejabat negara dengan jabatan terakhir Kepala Bagian Umum di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

Dalam LHKPN periodik yang ia laporkan terakhir pada 31 Desember 2021, kekayaannya mencapai Rp 56,10 miliar, naik dari laporan LHKPN pada 31 Desember 2020 sebesar Rp 55,65 miliar. Pada awal pelaporan, yaitu 22 Januari 2015 total harta kekayaannya sudah sebanyak Rp 35,28 miliar. Nyatanya ada deretan pegawai pajak lain yang hampir setara Presiden:

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

Bitcoin dan aset kripto.

Pemerintah Sudah Kantongi Rp 112 Miliar Pajak Transaksi Kripto pada 2024

 Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengungkapkan telah memungut pajak transaksi aset kripto sebesar Rp112 miliar selama 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024