3 Pekerja PPLI Tewas Tercebur ke Kontainer Limbah, Begini Kronologinya

Pekerja PPLI tewas tercebur ke di kontainer limbah.
Sumber :
  • Dokumengasi PPLI.

VIVA Nasional – Kabar duka menyelimuti dunia industri Minyak dan Gas (Migas), sebuah kecelakaan terjadi menewaskan tiga orang karyawan PT. Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) tewas akibat terjatuh dari kontainer limbah di lingkungan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Kabupaten Rokan Hilir, pada Jumat 24 Februari 2023.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Peristiwa itu terjadi pukul 12.07 WIB saat para pekerja tengah menangani limbah di CMTF Balam Selatan, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir. Atas kejadian ini, pihak PPLI melalui PR & Legal Manager PT PPLI di Bogor, Jawa Barat, Arum Tri Pusposari menyampaikan kronologi saat karyawan mengalami kecelakaan.

"Sehubungan dengan insiden yang terjadi di lokasi Balam, Kelurahan Bangko Bakti  hari ini, PPLI saat ini dibantu oleh seluruh pemangku kepentingan sedang melakukan investigasi. Karena peristiwa terjadi pada jam istirahat di mana seharusnya tidak ada jadwal kegiatan untuk berada dalam area kejadian, maka kami sedang mendalami latar belakang yang menyebabkan korban ke TKP sehingga insiden tersebut terjadi," katanya kepada VIVA, Sabtu, 25 Februari 2023.

Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

Kontainer limbah PPLI.

Photo :
  • Dokumentasi PPLI.

Arum mengatakan, insiden ini merupakan peristiwa yang belum pernah terjadi dalam sejarah PPLI selama hampir 30 tahun sejak hadir di Indonesia. Beberapa kali PPLI meraih predikat zero accident dalam hal kecelakaan kerja dari Kementerian Tenaga Kerja.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

"Kami sangat berkomitmen untuk mencegah risiko kecelakaan kerja tersebut. Karenanya, insiden yang terjadi di Balam merupakan pukulan bukan saja bagi keluarga korban tapi juga bagi perusahaan kami,” ungkapnya.

“Investigasi ini penting bagi kami, agar bisa menjadi evaluasi dan perbaikan bila ada kesalahan yang timbul dalam prosedur maupun kekurangan kehati-hatian karyawan dalam aktivitas kerja. Kami mendukung upaya investigasi yang dilakukan. Mohon doa dari teman-teman wartawan dan semua pihak," tambahnya.

Arum menyampaikan, untuk para pekerja PPLI yang meninggal dunia, atas nama jajaran direksi dan manajemen PPLI beserta seluruh karyawan. PPLI akan memerikan perhatian khusus keluarga karyawan yang mengalami kecelakaan kerja.

"Kami terus melakukan pendampingan terhadap keluarga dan telah menyiapkan santunan kepada keluarga almarhum. PPLI juga mengurus proses pemulangan jenazah para korban hingga ke pemakaman," terangnya.

Arum mengatakan, perusahaan tetap memberikan perhatian bila ada anak-anak karyawan yang meninggal dunia yang memerlukan dukungan beasiswa pendidikan. "Akan kami perhatikan keluarga almarhum termasuk pendidikan anak-anaknya," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya