Profil Viktor Laiskodat, Gubernur NTT yang Buat Kebijakan Masuk Sekolah Jam 5 Pagi

Gubernur NTT, Viktor Laiskodat.
Sumber :
  • partainasdem.id

VIVA Nasional – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat belakangan ini menjadi perbincangan hangat publik di media sosial. Bukan tanpa alasan, karena ia mengeluarkan kebijakan yang mengharuskan siswa di NTT untuk masuk sekolah pukul 05.00 WITA. 

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Kebijakan ini berlaku untuk semua pelajar di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Viktor Laiskodat memiliki alasan tersendiri dengan aturan itu, ia berdalih bahwa penerapan sekolah pagi buta untuk membentuk etos kerja siswa. 

"Anak itu harus dibiasakan bangun pukul 04.00 WITA. Pukul 04.30 WITA, mereka sudah harus jalan ke sekolah sehingga pukul 05.00 WITA sudah harus di sekolah. Supaya apa? Itu etos kerja," ujar Viktor dalam sebuah video yang beredar.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Kebijakan yang dibuat oleh Laiskodat ini tentu saja memancing berbagai tanggapan dari masyarakat maupun pemangku kebijakan. Ada pro dan kontra di dalamnya. Namun, siapakah sosok Gubernur Nusa Tenggara Timur itu?

Profil Viktor Laiskodat

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

Gubernur NTT, Viktor Laiskodat.

Photo :
  • partainasdem.id

Pemilik nama lengkap Viktor Bungtilu Laiskodat ini adalah seorang pria kelahiran Oenesu, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 17 Februari 1965. Masa kecilnya sampai dewasa dihabiskan di Kupang. Sebelum menjadi Gubernur NTT untuk periode 2018 sampai sekarang, dia pernah mengemban jabatan sebagai anggota DPR RI selama dua periode dari 2004-2018. 

Pendidikan Viktor Laiskodat

Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan Wakapolda NTT Brigjen Pol Johny Asadoma

Photo :
  • VIVA/Jo Kenaru

Diketahui Viktor menghabiskan masa kecilnya di Kupang, sejak SD sampai SMA, ia tempuh di sana. Sebelum terjun ke dunia politik, suami dari Julie Sutrisno Laiskodat itu mengenyam pendidikan sarjana dengan jurusan Hukum di Sekolah Tinggi Hukum Indonesia (STHI). 

Memiliki bekal gelar dan pengetahuan yang diperoleh, dia mendirikan lembaga bantuan hukum bernama Viktor B. Laiskodat Law Firm. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan ke Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Dia berhasil meraih gelar magister jurusan Studi Pembangunan. Ia juga melanjutkan studi doktoral dengan jurusan yang sama.

Perjalanan Karier

Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat (kiri) bersama Wakil Gubernur Josef Nae Soi (kanan) melakukan salam komando usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Sebelum menjabat sebagai Gubernur NTT, Viktor Laiskodat memulai kariernya sebagai anggota DPR RI. Lewat Partai Golkar, Viktor bisa mengamankan kursi di Senayan untuk periode 2004-2009. Setelah habis masa jabatannya, dia hijrah dari Golkar ke Partai Nasdem. 

Meski baru bergabung sejak usianya yang ke-45 tahun, karier Viktor tampak moncer di rumah barunya. Dia pernah mengemban sebagai Ketua Bidang Pertanian dan Maritim DPP Partai Nasdem. Dia juga sempat menjadi Ketua Fraksi Partai Nasdem di DPR RI. 

Selama berada di Nadem, dia berhasil menjadi anggota DPR RI untuk periode 2014-2019 dengan dapil Nusa Tenggara Timur II. Namun, sebelum habis masa jabatannya, Viktor mengundurkan diri karena mencalonkan diri sebagai Gubernur NTT. 

Berhadapan dengan Beny Kabur Harman, Viktor Laiskodat berhasil meraih suara rakyat di Pilkada NTT 2018. Bersama pasangannya, Josef A Naesoi, mereka menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur NTT untuk periode 2018-2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya