Prajurit TNI di Puncak Papua Gugur Ditembak KKB saat Evakuasi Warga ke Puskesmas

Dokumentasi pemindahan jenazah anggota TNI AD korban kelompok bersenjata di Papua. Dua prajurit korban penembakan di Kabupaten Puncak, 21 Februari 2022, diterbangkan ke Timika menggunakan helikopter EC-725 Caracal TNI AU.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Nasional – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kembali menyerang dan menembak aparat TNI di wilayah Kabupaten Puncak, Papua Pegunungan, Jumat, 3 Maret 2023. Dalam kontak tembak itu satu orang Prajurit Satgas Yonif Raider 303/SSM gugur.

Prabowo Akui Dekat NU Sejak Prajurit Muda: Kalau Orang Menghadapi Maut yang Dicari Kiai

"Benar gerombolan KST (Kelompok Separatis Teroris) telah menyerang dan menembak Personel Pos Sinak Satgas Yonif Raider 303/SSM bertempat di kampung Pamebu, Distrik Yumuak," kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman saat dikonfirmasi

Kapendam mengatakan, akibat penyerangan dan penembakan oleh KKB tersebut, prajurit TNI dari Satgas Yonif Raider 303/SSM Praka JM meninggal dunia, mengalami luka tembak pada perut.

Asyik Pesta Miras dan Ganja, 5 Mahasiswa di Papua Diciduk Polisi

"Sampai dengan saat ini pukul 15.15 WIT, gerombolan KST melakukan penembakan kepada aparat TNI sehingga terjadi kontak tembak," ujarnya.

Pasukan TNI-Polri berpatroli di Ilaga, Papua.

Photo :
  • Puspen TNI.
Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Kronologi kejadian bermula saat gerombolan KKB menembak warga sipil bernama TM (perempuan OAP) di Kampung Pamebut Distrik Yugumuak Puncak.

Kemudian Aparat TNI pengevakuasi yang bersangkutan ke Puskesmas Sinak, namun saat evakuasi menuju Puskesmas tim evakuasi tersebut dihadang dan ditembak oleh KKB, dan mengakibatkan Praka JM tertembak hingga terjadi kontak tembak antara TNI dengan KKB.

Kapendam menjelaskan, korban Prajurit Praka JM yang tertembak berhasil dievakuasi ke Puskesmas Sinak untuk penanganan tim medis. 

Selanjutnya dinyatakan meninggal dunia oleh tim medis. Demikian pula warga sipil berinisial TM yang ditembak KST dinyatakan meninggal dunia. "Direncanakan Praka JM akan dievakuasi menuju Timika," ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya