Kemendagri Ungkap Peran Penting Satpol PP

Wamendagri dan Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Safrizal ZA
Sumber :
  • Dokumentasi Kemendagri

VIVA Nasional – Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Safrizal ZA mengatakan, peran Satpol PP dan Satlinmas begitu nyata dan terus tumbuh ditengah masyarakat. Salah satu contohnya penanganan pandemi Covid-19.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

“Penanganan Covid-19 menjadi success and moral story yang membuktikan arti penting dan strategis Satpol PP dan Satlinmas dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah,” ujar Safrizal dalam rangkaian peringatan HUT Satpol PP ke-73 di Makassar, Jumat 3 Februari 2023.

Ilustrasi Satpol PP DKI Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Dalam acara itu pula diserahkan Piagam Penghargaan Karya Bhakti Satpol PP kepada 12 daerah, terdiri dari 4 pemerintah provinsi, 5 pemerintah kabupaten dan 3 pemerintah kota.

"Penghargaan Karya Bhakti Satpol PP ini diberikan kepada Satpol PP yang sangat berhasil, kreatif, inovatif dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya,” kata Safrizal.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Sementara itu, Wamendagri, John Wempi Wetipo menyampaikan ekonomi Indonesia berhasil tumbuh 5,72% pada tahun 2022 berkat kerja keras, komitmen dan kolaborasi dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah, termasuk tentunya peran Satpol PP dan Satlinmas.

Wamendagri, John Wempi Wetipo

Photo :
  • Dokumentasi Kemendagri

Rakornas kali ini menjadi istimewa karena selama dua tahun belakangan digelar secara sederhana dan virtual. Gelaran Rakornas juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pola operasi bagi Satpol PP dan Satlinmas di daerah, terutama dalam menyongsong Pemilu dan Pilkada Serentak di Tahun 2024. 

Disamping itu mengemuka pula bahasan mengenai pengendalian inflasi dan kebijakan pemenuhan Standar pelayanan minimal Trantibumlinmas.

“Kami mengajak untuk menyatukan prinsip ketentraman, ketertiban umum, dan pelindungan masyarakat daerah baik dalam rangka pertumbuhan ekonomi, membangun strategi pengendalian inflasi, dan menyukseskan agenda pemilu dan pilkada serentak 2024”, tutup John Wempi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya