Ratusan Orang Mengungsi Akibat Kebakaran Depo Pertamina, Api Mulai Merambat ke Rumah Warga

Situasi di lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara
Sumber :
  • VIVA / Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA Nasional – Kebakaran yang melanda kampung Tanah Merah Bawah, Kecamatan Koja, Jakarta Utara yang disebabkan pipa bensin di Depo Pertamina Plumpang mengakibatkan ratusan orang mengungsi. Hal itu diungkapkan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara, Rijal.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

"Pengungsi kurang lebih 100 orang, Markas PMI Jakarta Utara," ujarnya saat ditemui VIVA di lokasi, Jumat, 3 Maret 2023.

Lebih lanjut, Rijal menjelaskan pihaknya mengerahkan sekitar 20 unit ambulans dari PMI Jakarta Utara. Sementara total ambulans yang telah berjaga di sekitar kawasan kebakaran berjumlah 50 unit.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

"Kurang lebih total 50 unit ambulans, dari PMI Jakarta Utara sendiri kurang lebih 20 unit," katanya. 

Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, terbakar pada Jumat malam, 3 Maret 2023.

Photo :
  • ANTARA
KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

Dalam video yang viral, api tampak sudah merambat ke permukiman warga. Sejumlah rumah warga sudah ada yang terbakar.

Sebelumnya, warga yang tinggal di dekat kompleks Depo Pertamina mengaku mencium aroma bensin yang menyengat sebelum terjadi kebakaran di Pipa Bensin Depo Pertamina Plumpang, Jumat malam.

"Ada bau bensin yang santer sebelum kejadian saat gue melintas," kata Pandi Ahmad, warga Koja.

Berdasarkan informasi Command Center Damkar, sebuah pipa bensin Pertamina mengalami kebakaran hebat. Akibatnya, api dan asap besar terlihat membumbung tinggi hingga membuat langit di sekitarnya menjadi gelap karena tertutup asap hitam.

"Penanganan terakhir Sudin Gulkarmat Jakarta Utara mengerahkan 18 unit pemadam dengan 90 personil," demikian pernyataan Command Center Damkar pada malam ini.

Petugas masih berjibaku melakukan pemadaman terkait kebakaran ini. Kebakaran itu terjadi di Pipa bensin Pertamina yang berlokasi di Jalan Tanah Merah Bawah RT012/09 Koja, Jakarta Utara. Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut.

Suku Dinas Kebakaran Jakarta Utara mengerahkan 18 unit mobil dan 90 personel untuk memadamkan kebakaran di Depo Pertamina Plumpang.

Sejumlah petugas yang tergabung dari pemadam kebakaran, TNI-Polri dan petugas Palang Merah Indonesia (PMI) siap siaga untuk melakukan evakuasi warga yang terdampak kebakaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya