Tiket KA Lebaran 2023 Keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen Sudah Bisa Dipesan

Ilustrasi kereta api.
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA Nasional – Tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) untuk keberangkatan hingga H-1 atau jadwal perjalanan 21 April 2023 pada momen Lebaran 1444 H sudah bisa dipesan per hari ini lewat aplikasi KAI Access, web kai.id, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya. 

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

"Khusus penjualan tiket angkutan lebaran kali ini, KAI (Persero) menerapkan kebijakan pembelian tiket oleh masyarakat dapat dilakukan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan KA (H-45)," ujar Kepala Hubungan Masyarakat Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa kepada wartawan, Selasa, 7 Maret 2023.

"Melalui kebijakan tersebut maka terhitung mulai 26 Februari 2023 lalu pelanggan sudah dapat membeli tiket KA keberangkatan awal dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen untuk jadwal berangkat 12 sampai 21 April 2023 atau H-10 sampai H-1 lebaran," kata Eva menambahkan.

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa

Photo :
  • VIVA/Willibrodus

Untuk jadwal keberangkatan selanjutnya dapat dipesan sesuai kebijakan pemesanan tiket yang mulai dijual sejak 45 hari sebelum jadwal keberangkatan KA (H-45). 

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Dia menyebutkan, sampai saat ini untuk jadwal keberangkatan 10 hari pra lebaran, yaitu tanggal 12 sampai 21 April (H-10 sampai H-1) terdapat ketersediaan tempat duduk sekitar 313.526. Dari jumlah tersebut, lanjutnya, sekitar 155 ribu tiket di antaranya telah terjual.

"Jumlah pemesanan tiket dan ketersediaan tempat duduk masih dapat berubah mengingat penjualan masih berlangsung dan masih ada program KA tambahan yang akan dijalankan," katanya.

Dari data pemesanan tiket untuk masa angkutan pra lebaran, kata Eva, mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan H-4 sampai H-1 atau tanggal 18 hingga 21 April 2023. Sehingga okupansi di beberapa KA pada tanggal tersebut ada yang sudah mencapai 90 persen per-KA untuk keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen. 

Ilustrasi rangkaian kereta api.

Photo :
  • ANTARA/Raisan Al Farisi/hp

"Terdapat sejumlah tujuan favorit untuk KA yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta, di antaranya Yogyakarta, Kutoarjo, Purwokerto, Surabaya Pasar Turi, Semarang, Tegal, Kebumen dan Kroya," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, secara keseluruhan ketersediaan tempat duduk untuk pemberangkatan pra lebaran yakni tanggal 12 sampai 21 April masih cukup tersedia. Dia mengatakan, masyarakat bisa menyesuaikan kembali pilihan tanggal dan jam keberangkatan jika ketersediaan tiket pada jadwal favorit seperti H-4 sampai H-1 sudah terjual. 

"Adapun terkait program pemberangkatan KA tambahan, Daop 1 Jakarta akan melakukan sosialisasi kembali terkait jumlah KA tambahan yang akan dijalankan pada masa angkutan lebaran," ujarnya. 

Dia menambahkan, "Masyarakat juga dapat melakukan pengecekan berkala melalui aplikasi KAI Access mengingat saat ini sistem penjualan tiket online dan dapat langsung terlihat jika ada KA tambahan yang sudah dapat dipesan tiketnya."  

Terakhir, pihaknya mengingatkan kembali kepada seluruh pengguna jasa agar memperhatikan aturan vaksin terbaru yang berlaku saat ini khususnya aturan pada usia anak 6 sampai 12 tahun. 

Jika anak pada usia tersebut belum divaksin, tetap dapat naik kereta api dengan syarat memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu atau harus didampingi oleh orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi booster. 

"Jika sewaktu-waktu terdapat perubahan aturan vaksin dari pemerintah maka informasi akan langsung disosialisasikan kembali melalui seluruh media informasi resmi PT KAI (Persero)," kata Eva.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya