Kepala Bea Cukai Makassar Disenggol KPK Gara-gara Anaknya Sering Pamer Harta

Andhi Pramono Kepala Bea Cukai Makassar
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

VIVA Nasional – Kasus pamer harta anak pejabat kini terus terjadi di Indonesia. Terbaru, datang dari anak Kepala Bea Cukai Makassar, Sulawesi Selatan, (Sulsel), Andhi Pramono. Putri Andhi Pramono itu bernama Atasya Yasmine. Anak gadisnya itu kerap memerkan hartanya di media sosial (Medsos).

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Buntut pamer harta itu, Andhi Pramono akhirnya diperiksa di Kementerian Keuangan. Alhasil, ditemukan harta tak wajar yang mencapai Rp 13 miliar milik pejabat kosong satu di Bea Cukai Kota Daeng itu. Dari temuan tersebut, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun turut akan segera memeriksa Andhi Pramono.

Putri Andhi pun dikenal mempunyai belanja pakaian yang mencapai puluhan juta rupiah yang kerap dipertontonkan di media sosial. Selain itu, Andhi Pramono juga disorot lantaran rumah mewahnya viral di media sosial. Rumah itu terletak di kawasan elit Cibubur, Jakarta Timur, dan disebut-sebut berharga fantastis. 

Buru Harta Rafael Alun, KPK Serahkan Memori Kasasi

Salah satu akun yang memviralkan harta Andhi di media sosial Twitter bernama @PartaiSocmed. Dalam tweetnya, terlihat anak pejabat itu berjoget TikTok di depan rumah mewah yang diduga milik Andhi Pramono. Adapun rumah mewah bercat putih itu disebut berada di kawasan Legenda Wisata, Cibubur. 

Potret anak Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono yang pamer harta mewah

Photo :
  • Twitter
Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

"Gaya hidup mewah oknum PNS Kemenkeu mulai menyita perhatian publik. Salah satunya Andhi Pramono S.E M.M selaku Kepala Bea Cukai Makassar, yang diduga memiliki hunian mewah di kawasan Legenda Wisata Cibubur," demikian narasi yang tertulis dalam video tersebut.

Tak sampai di situ, akun tersebut juga mengunggah foto dua sosok wanita yang diduga istri dan anak dari Andhi Pramono saat mirror selfie. Akun itu pun menyoroti merek pakaian yang dipakai kedua wanita yaitu Balenciaga.

Selain itu, akun tersebut juga memposting video yang diduga anak Andhi Pramono tengah menjadi bintang iklan dari merek sepatu lokal, Patrobas.

Pada video tersebut, tampak latar belakang yang menjadi venue iklan memiliki kemiripan dari video pertama yaitu rumah mewah diduga milik Andhi Pramono.

"Anak Andhi Pramono sedang flexing di rumah ortunya yg lebih mewah dari rumah Presiden Jokowi di Solo. Coba bandingan dgn video rumah pada tweet awal dari thread ini," tulis akun tersebut.

Setelah gaya hidupnya disorot, akun medsos anak dan istri Andhi Pramono pun langsung terkunci atau di-private. 

Sementara itu, Kepala Bea Cukai Sulbagsel, Nugroho Wahyu Wibowo mengatakan, bahwa salah satu pemicu pemeriksaan itu saat anak dari Andhi aktif di media sosial memperlihatkan barang mewah.

Namun, menurut Nugroho bahwa anak dari Andhi kerap memerkan barang mewah lantaran aktif dan dikenal banyak orang sebagai selebritas Instagram (selebgram) sehingga banyak menerima permintaan untuk promosi produk tertentu atau endorse.

"Anaknya memang selebgram yang dapat uang dari endorse produk. Jadi memang sering terlihat mewah kalau dapat tawaran endorse," ungkap Nugroho kepada awak media Rabu 8 Maret 2023.

Adapun harta kepemilikan Andhi, kata Nugroho, sejauh ini dilaporkan mencapai Rp13 miliar, sehingga pihak Kementerian Keuangan telah memanggil yang bersangkutan.

Kendati demikian, Nugroho mengaku saat ini pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan terhadap Andhi Pramono di Jakarta.

"Sudah dipanggil ke pusat untuk melakukan klarifikasi. Hasilnya ada di pusat bukan di kanwil nanti biar pusat yang menyampaikan," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya