Zainudin Amali Resmi Mundur, Jokowi Tunjuk Menko PMK Jadi Plt Menpora

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers kepada awak media
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo (Jokowi), akhirnya telah menyetujui pengunduran diri Zainudin Amali dari kursi Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora. Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke Bali pada hari ini, Senin, 13 Maret 2023.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Dalam keterangannya, Jokowi mengatakan bahwa dia telah bertemu dengan Zainudin Amali secara langsung pagi ini. Jokowi menyebut bahwa Dia sudah menyetujui pengunduran diri Zainudin dari jabatan Menpora.

"Menpora tadi pagi sudah bertemu saya, surat pengunduruan dirinya sudah disampaikan di setneg dan saya tadi sudah menyetujui," kata Presiden Jokowi kepada awak media, Senin, 13 Maret 2023.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Menpora Zainudin Amali

Photo :
  • VIVA/B.S Putra

Ketika disinggung siapa yang akan menjadi Menpora untuk menggantikan Amali, Jokowi belum mengungkapkannya. Dia meminta masyarakat untuk sabar menunggu karena nanti pasti akan segera diumumkan siapa penggantinya.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Untuk saat ini, tugas Menpora diisi oleh Pelaksana tugas atau Plt. Yang ditunjuk oleh Jokowi sebagai Plt Menpora adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy

"Penggantinya ditunggu saja. nanti segera kita putuskan. Tapi sekarang sudah di plt-kan, plt-nya Pak Menko PMK," ujar Jokowi

Sebelumnya diberitakan, Politisi Partai Golkar, Zainudin Amali telah mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) kepada Menteri Sekretaris Negara, Pratikno di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat pada Kamis, 9 Maret 2023.

“Saya baru saja ketemu dengan Pak Mensesneg. Saya menyampaikan surat permohonan pengunduran diri saya dari posisi sebagai Menpora,” kata Amali di Kementerian Sekretariat Negara.

Erick Thohir, Ketua Umum PSSI dan Wakil Ketum PSSI Zainuddin Amali

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut dia, kedatangannya ke Kementerian Sekretariat Negara dalam hal penyampaian surat. Tentu, ia mengaku bakal menghadap kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Rencananya, ia bertemu Presiden Jokowi pekan depan.

“Memang saya harus bertemu Bapak Presiden. Cuma karena sekarang beliau tidak ada, maka kemungkinan saya dijadwalkan hari Senin bertemu dengan beliau,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya