Kapolri Minta Jajaran Korlantas Ikuti Aturan Saat Pengawalan di Jalan

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan kepada seluruh jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri untuk mengikuti segala aturan, dalam melakukan pengawalan di jalanan yang kerap dikeluhkan oleh masyarakat sehingga viral di media sosial (medsos). 

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Hal tersebut diungkapkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri di Bandung, Jawa Barat, Selasa, 14 Maret 2023. 

"Terkait dengan pengawalan saya kira sudah diatur oleh peraturan Kakorlantas sehingga tentunya ini tinggal kita laksanakan namun di sisi lain terkait dengan pengawalan kegiatan masyarakat ini yang sering banyak protes, ini saya tampilkan hal-hal viral dan harus menjadi perhatian kita," ujar Sigit. 

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Sigit menjelaskan, rasa keadilan publik harus tetap diutamakan. Sebab itu, Sigit menegaskan, dalam memberikan pengawalan di jalan harus tetap mengikuti peraturan yang berlaku apabila tidak dalam keadaan yang mendesak. 

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

"Jadi yang begini rekan-rekan lebih selektif dan apabila tidak terlalu mendesak ikuti aturannya. Saatnya lampu merah berhenti, lampu hijau jalan," ujarnya. 

Sigit menambahkan, "Jadi kita kawal untuk ketertiban rombongan bukan memberikan prioritas boleh melanggar kecuali pengawalan yang harus diprioritaskan seperti mobil ambulans harus segera berangkat karena keselamatan masyarakat yang ada di dalamnya."

Jika dalam tidak keadaan yang mendesak, lanjut dia, para petugas yang mengawal di jalan harus memperhatikan masyarakat pengguna jalan lainnya. Sehingga, pengguna jalan tidak merasa keberatan dan protes.

"Di luar itu tolong kita mulai ajarkan, hal-hal yang tertib. Sehingga kemudian ini tidak menimbulkan kecemburuan, sehingga masyarakat keberatan dan protes karena hal-hal ini dirasa sangat mengganggu di masyarakat. Tolong yang seperti ini rekan-rekan lebih selektif memahami apalagi situasi macet sehingga pengguna jalan merasakan ada norma yang kita jaga," ucapnya. 

Tak hanya itu, Sigit mengingatkan soal penggunaan sirine strobo yang terkadang juga menjadi hal dikeluhkan oleh masyarakat, terutama ketika arus lalu lintas sedang mengalami kepadatan. 

"Penggunaan sirine strobo ini tentunya tolong kita juga melihat sensitifitas pada saat jalan sedang padat, masyarakat juga sedang padat-padatnya suara juga jadi masalah. Jadi sirine yang terlalu melengking dan model suara bising itu mengganggu," tutur Sigit.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya