Tak Langsung Percaya, KPK Turun Cek Rumah Mewah Andhi Pramono di Cibubur

KPK Periksa Kepala Bea dan Cukai Makassar Andhi Pramono
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menurunkan tim ke lapangan pada hari Kamis, 16 Maret 2023, untuk memastikan apakah benar pengakuan Kepala Bea dan Cukai Makassar, Andhi Pramono. Ia sempat diklarifikasi penyidik KPK terkait hasil kekayaannya. 

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik

Dalam panggilan klarifikasi laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), Andhi Pramono mengatakan rumah mewah di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, bukan miliknya. Rumah mewah itu kata dia merupakan milik orangtuanya. 

"Hari ini, tim LHKPN juga melakukan pengecekan lapangan untuk mendalami klarifikasi yang telah disampaikan saudara Andhi," kata Juru Bicara Pencegahan KPK, Ipi Maryati Kuding kepada wartawan, Kamis, 16 Maret 2023.

Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho ke Dewas, KPK: Itu Keputusan Sendiri bukan Kolektif Kolegial

Tak hanya itu, Ipi juga mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan sejumlah instansi untuk mengetahui benar tidaknya pengakuan dari Andhi Pramono dalam proses klarifikasi LHKPN tersebut.

"KPK juga akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan instansi lain, seperti BPN, Perbankan, dan Dispenda, untuk meng-cross check jawaban yang disampaikan dalam proses klarifikasi," pungkas Ipi.

Laporkan Albertina Ho ke Dewas KPK, Nawawi: Itu Sepenuhnya Sikap Nurul Ghufron

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah rampung meminta klarifikasi dari Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono terkait dengan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Andhi diminta beri klarifikasi pada Selasa 14 Maret 2023 sejak pukul 09.00 WIB.

KPK turut mendalami seluruh LHKPN yang tercatat milik Andhi Pramono. Namun, ada sebuah rumah mewah di kawasan Legenda Wisata Cibubur milik Andhi Pramono tak tercatat dalam LHKPN-nya.

Namun demikian, Andhi pun telah membantah terkait dengan rumah mewah yang menjadi sorotan publik tersebut. Ia mengatakan bahwa rumah mewah tersebut milik orang tuanya.

"Untuk hal-hal yang viral terhadap diri saya, mungkin mengenai rumah yang itu bukan dari hasil foto saya tapi memang sengaja diambil media itu adalah rumah yang ditempati orang tua saya, sudah lama dan belum diberikan waris kepada saya," ujar Andhi di gedung merah putih KPK, Selasa 14 Maret 2023.

Kemudian, ia mengaku bahwa dirinya tinggal di rumah mewah di kawasan Cibubur, Jakarta Timur itu lantaran menjaga orang tuanya yang masih tinggal di sana. "Sehingga saya berada di situ menjaga orang tua saya," ucap dia.

Nama Andhi Pramono menjadi perbincangan publik usai viral video yang memperlihatkan aset mewah miliknya. Aset itu berupa rumah mewah seperti istana yang diduga berada di kawasan Legenda Wisata Cibubur. 

Dari video yang beredar tersebut, tampak aset itu berupa rumah tingkat megah dengan kelir putih. Akun yang sama juga tampak membagikan unggahan lain yang menarasikan anak dan istri Andhi Pramono dengan pakaian mahal. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya