Jokowi Dukung Pengembangan Containder, Aplikasi Pengelola Sampah Karya Anak Muda Papua

Presiden Jokowi di Papua Youth Creative Hub
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo  (Jokowi) mendukung pengembangan aplikasi Containder, sebuah aplikasi pengelolaan sampah yang diluncurkan di Papua Youth Creative Hub, Jayapura, untuk dapat beroperasi di seluruh Indonesia .Aplikasi pengelolaan sampah, Containder mengharapkan bisa melayani tata kelola sampah dari hulu hingga hilir di lingkungan pemerintahan.

PKB Tepis Spekulasi soal Titipan Salam dari Jokowi kepada Cak Imin sebagai Godaan

"Kami memohon dukungan Bapak (Presiden) agar dapat dimitrakan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan kementerian lainnya dapat diinstalasi di seluruh kota dan kabupaten di Indonesia," ujar Manajer Implementasi Wilayah Papua untuk Containder, Irsanto Imbiri dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Presiden Jokowi berikan keterangan pers di Papua

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
Airlangga Sebut Belum Ada Pembicaraan soal Jokowi Bakal Pimpin Koalisi Besar

Dalam Peresmian Papua Youth Creative Hub (PYCH) oleh Presiden RI Joko Widodo itu, Containder menjadi salah satu aplikasi yang melakukan presentasi di hadapan Presiden.

Irsanto mengemukakan, secara garis besar terdapat empat fitur utama Containder, yaitu fitur pengawasan sebagai layanan yang menampilkan dashboard berisi segala macam kegiatan yang bisa dimonitor, mulai dari kegiatan pekerja pengangkut sampah hingga status kebersihan TPS.

Aplikasi Bersih-bersih Sampah di HP, Nomor 1 hingga 3 Familiar

Kedua, fitur pelaporan, di mana semua petugas kebersihan melaporkan pekerjaan melalui aplikasi. Ketiga, fitur pembayaran, yaitu layanan pembayaran retribusi kebersihan melalui containder menggunakan dompet digital.

Dan keempat, fitur pengaduan, yang memfasilitasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan lewat aplikasi Containder untuk status TPS atau sampah liar yang ada di lingkungan mereka.

Disampaikan Irsanto, Presiden Jokowi pun menyambut baik dan mengapresiasi agar aplikasi Containder ini bisa menjadi solusi untuk kondisi persampahan di Indonesia.

Ia menambahkan, aplikasi teknologi ini telah melayani kebutuhan manajemen sampah di Teluk Bintuni, Papua Barat, dan akan segera diimplementasikan di empat kota lainnya yaitu Biak, Jayapura, Ambon, dan Bitung.

Presiden Jokowi bersama Menhan Prabowo, Kepala BIN Budi Gunawan di Papua

Photo :
  • Setkab

Direktur Utama Containder Indra Makalew menambahkan, visi besar kami di Containder adalah berkontribusi untuk pelayanan persampahan di kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, serta memperbaiki manajemennya dengan menerapkan teknologi untuk optimalisasi pengelolaan sampah dari hulu hingga ke hilir.

"Bagi startup baru seperti Containder, mendapatkan kesempatan presentasi di depan Presiden Jokowi adalah sebuah prestasi yang luar biasa dan tidak semua startup baru ada di tahap ini," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya