2024 Indonesia Ganti Ibu Kota dan 5 Negara Ini Alami Hal Serupa

Penyerahan LHP BPK pertama ke OIKN.
Sumber :
  • Dokumentasi OIKN.

VIVA Nasional – Ibu Kota Negara atau IKN Indonesia akan pindah dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan Timur mulai tahun depan.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono, mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo akan mengeluarkan Keputusan Presiden atau Keppres pada semester I tahun 2024.

Desain Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP Ibu Kota Negara Nusantara

Photo :
  • ANTARA/HO-Kementerian PUPR.
Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

“Mana kala presiden Keppres pada tahun 2024, ibu kota akan mengeluarkan ke IKN Nusantara. lakukan sejak sekarang," ujar Bambang saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi XI DPR RI, Senin, 6 Februari 2023 lalu.

Sebelumnya terdapat sejumlah negara yang sudah melakukan pemindahan ibu kota. Pemindahan ibu kota tersebut biasanya diselesaikan antara negara pemerintahan dan ekonomi. Berikut 5 negara yang sudah melakukan pemindahan ibu kota:

Kalahkan 11 Negara, Siswa Indonesia Sabet Emas Kompetisi Matematika Internasional di Australia

1. Amerika Serikat

New York pernah menjadi Ibu Kota Amerika Serikat selama lima tahun yakni dari 1785 hingga 1790. Namun ibu kota As pindah ke Washiton DC sejak 1790 hingga saat ini.

Pemilihan ibu kota melewati proses panjang yang dilakukan oleh kongres AS. Pemindahan ibu kota itu pun pada akhirnya melahirkan pusat kegiatan pemerintahan dan bisnis.

SKYE Suites, Sydney, Australia.

Photo :
  • Ist.

Selama abad ke-19, Australia terdiri dari dua kota besar yaitu Melbourne dan Sidney.  Pada tahun 1908, Canberra dipilih menjadi ibu kota negara Australia untuk persaingan menengahi antara Melbourne dan Sidney.

Melbourne sempat menjadi pusat administrasi selama Canberra dipersiapkan sebagai ibu kota. Namun demikian, melbourne tidak menjadi ibu kota negara.

3. Malaysia

Kuala Lumpur, Malaysia

Photo :
  • unsplash,com

Ibu Kota Malaysia sebenarnya tidak berubah yaitu Kuala Lumpur.Namun sejak tahun 1999, pemerintah Malaysia memindahkan pusat pemerintahannya ke Putrajaya. Sementara Kuala Lumpur tetap menjadi pusat perdagangan dan bisnis Malaysia.

4. Turki

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pidato di Istana Ankara

Photo :
  • Kayhan Ozer/Pool Photo via AP)

Ibu kota Turki awalnya adalah Konstantinopel, yang saat ini lebih dikenal sebagai Istanbul. Namun, pada 13 Oktober 1923, Turki sempat memindahkan ibu kotanya ke Ankara. Ankara dipilih karena secara geografis lebih menjadi titik pusat Turki.

5. Brasil

Patung Kristus Penebus di Rio de Janeiro, Brasil tersambar petir

Photo :
  • Instagram

Sejak 1889, Rio de Janeiro menjadi ibu kota Brasil. Namun kota tersebut sudah terlalu padat dan jauh lebih maju daripada wilayah Brasil lainnya. Ibu kota Brasil kemudian dipindahkan ke Brasilia sejak 1960. Sejak itu, Brasilia pun mengakami pertumbuhan yang pesat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya